Bupati Wajo Terima Penghargaan Transmigration Award 2014

Jakarta, MC – Bupati Wajo A Burhanuddin Unru kembali mendapat penghargaan dari pemerintah pusat.

Kali ini, penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi atas kinerja yang sangat baik dalam mewujudkan kemandirian permukiman transmigrasi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat transmigrasi.

Pemerintah kabupaten Wajo pada ajang Transmigration Award 2014 tersebut dinobatkan sebagai kabupaten penerima Kategori Makarti Nayotama (Pemerintah Kabupaten/Kota Daerah Tujuan Transmigrasi).

Acara penyerahan dilakukan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla yang didampingi oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Marwan Jafar dan Menteri Ketenagakerjaan RI, M Hanif Dhkiri kepada Bupati Wajo yang diwakili oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Wajo Ir A Sederhana di Gedung Makarti Muktitama Kementerian Transmigrasi, Jakarta, Senin, 15/12.

Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Wajo A Tenri Liweng mengungkap apresiasi atas penerimaan penghargaan tersebut.

Dia menjelaskan bahwa keberhasilan yang diperoleh tersebut atas petunjuk langsung dari Bupati Wajo berikut dukungan dari para stake holder terkait lainnya dalam mendorong pembangunan daerah, sumber daya manusia dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah permukiman transmigrasi.

“Keberhasilan itu pula tentunya atas dukungan rekan-rekan kepala Dinas lainnya, misalkan saja, pada bidang pendidikan yang mendorong peningkatan pendidikan melalui pembangunan sekolah tingkat dasar, pada bidang kesehatan dalam hal penyediaan tenaga medis dikawasan permukiman, dinas pertanian dengan bantuan sarana dan prasarana pertanian, rekan-rekan Unit Pelayanan Tekhnis (UPT) Transmigran dan dengan adanya dana sharing yang diberikan oleh pemerintah kabupaten. Semua itu menjadi penilaian sehingga pemerintah kabupaten Wajo berhasil mendapat penghargaan dari pemerintah pusat,” ungkap Tenri Liweng usai penerimaan penghargaan.

Begitupula dengan Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Wajo, Sumardi Arifin. Dia menilai penghargaan yang diterima oleh pemerintah daerah tersebut harus diapresiasi.

Menurutnya, penghargaan tentunya tidak diberikan begitu saja tanpa melalui proses pengkajian dan penilaian dari pemerintah pusat, khususnya dalam hal pengembangan permukiman transmigrasi.

“Kami tentu harus mengapresiasi keberhasilan pemerintah Kabupaten Wajo dalam bidang transmigrasi. Penerimaan penghargaan yang diberikan tersebut merupakan wujud nyata dan atas penilaian pemerintah pusat kepada Bupati bersama jajarannya, terutama dalam hal pengembangan permukiman warga transmigran,” pungkas Sumardi.

Dia menambahkan, melalui penghargaan itu, dapat menjadi bukti bahwa pemerintah kabupaten Wajo berhasil memberikan perhatian dan dukungan terhadap kemajuan daerah dan pembangunan kesejahteraan warga transmigrasi di Kabupaten Wajo.

“Dan kedepan tentunya prestasi itu harus lebih ditingkatkan, harus lebih baik dari yang diperoleh saat ini,” tambah legislator yang akrab disapa Fa’songkok Tanre ini.

Penulis : Nur Asri, SH – Red