Bupati Wajo Tidak Khawatirkan Hama Tikus

DSC_1794a Bupati Wajo Andi Burhanuddin Unru

Wajo, MC – Bupati Wajo Andi Burhanuddin Unru tidak menjadikan serangan hama tikus terhadap lahan pertanian didaerahnya sebagai sebuah kekhawatiran. Ia bahkan menilai hadirnya hama tersebut sebagai proses alam yang tidak terhidarkan.

“Kita jangan terlalu khawatir dengan hama tikus, cukup melakukan antisipasi seadanya agar hama ini tidak menjalar dan merusak tanaman,” ujar Bupati menyikapi keluhan warga dalam acara dialog jelang buka puasa rangkaian acara Safari Ramadhan pemerintah daerah Kabupaten Wajo di KecamatanManiangpajo, Sabtu, 18/6.

Namun demikian, Bupati tetap mengimbau masyarakat untuk bersikap telaten dan rajin turun kesawah untuk menjaga tanamannya disawah. Ia juga menunjukkan daerah yang menurutnya rawan terhadap serangan hama tikus.

“Sepanjang pesisir barat kabupaten Wajo rawan hama tikus, namun kalau masyarakat setempat bersikap telaten, hama tersebut pasti bisa terantisipasi dan tidak merusak tanaman. Kita juga tidak boleh berlebihan menyikapi, karena itu merupakan proses alam,” papar Bupati.

Selain mengimbau masyarakat petani untuk tidak terlalu khawatir terhadap hama tikus, Bupati juga meluruskan keluhan warga terkait kondisi jalan yang belakangan pada beberapa titik alami kerusakan.

Bupati dua periode ini menjelaskan bahwa kerusakan yang terjadi berbanding lurus dengan bergeraknya roda ekonomi masyarakat ditingkat pedesaan.

“Jalannya rusak karena apa?, tentu karena sering dilalui kendaraan. Kendaraan yang melintas itupun bermanfaat bagi warga untuk mengangkut hasil pertanian. Jadi jangan risau kalau jalanannya rusak, yang penting pendapatan masyarakat meningkat. Soal jalan, itu bisa diperbaiki kembali,” terang Bupati menjelaskan. (Red/MC)