Butuh Penanganan Cepat, Hubungi Posko Induk TRC Wajo di Palu

Posko Induk TRC BPBD Wajo di Palu

Wajo, MC – Pemerintah kabupaten Wajo membentuk posko induk dan pusat informasi untuk penanganan cepat bagi korban gempa dan tsunami Palu, Donggala dan Sigi Sulawesi Tengah.

Posko yang dibentuk tersebut berlokasi di Jl Setia Budi, depan Kampus Universitas Tandulako (UNTAD) kota Palu. Untuk memudahkan akses, posko induk menyebar nomor kontak yang bisa dihubungi melalui ;

* 0823 4558 6113
* 0828 1705 3105
* 0852 4433 7616
* 0852 9999 6000
* 0852 5527 3442

Kasubag Kepegawaian BPBD Wajo, Muriyanti Arief (kanan)

Selain diperuntukkan bagi korban, masyarakat secara umum yang membutuhkan informasi terkait perkembangan pasca bencana di Palu juga bisa mengakses nomor-nomor kontak tersebut.

Kasubag Kepegawaian Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wajo, Muriyanti Arief menuturkan, bahwa posko tersebut dibentuk sejak hari Sabtu, 6 oktober 2018 lalu.

Sebanyak 10 orang personil yang tergabung dalam Tim Reaksi Cepat (TRC) disiagakan untuk membantu korban di lokasi bencana.

Namun demikian, jelas Muriyanti, personil TRC yang diturunkan lebih detil bertugas untuk ; melaksanakan pengkajian setelah terjadi bencana pada saat tanggap darurat serta membantu Satkorlak PB/BPBD Propinsi dan Kabupaten/Kota untuk mengaktivasika  Posko Satkorlak.

Selain itu, TRC juga ditugaskan untuk memperlancar koordinasi antar sektor yang terlibat dalam penanganan bencana, menyampaikan saran yang tepat dalam penanganan bencana, serta melaporkan hasil pelaksanaan tugas secara periodik kepada kepala BNPB atas tebusan atasan langsung anggota tim dari sektor terkait.

“Personil TRC juga ditugaskan untuk menyampaikan laporan awal setelah tiba dilokasi bencana, menyampaikan laporan berkala terkait perkembangan harian/insidentil/khusus, dan menyampaikan laporan lengkap pada akhir penugasan nantinya”, terang Muriyanti. (Red/MC)