Camat Harus Tahu Berapa Jumlah “Janda” Didaerahnya

“Dari Kegiatan Musrenbang Tingkat Kecamatan Bola”

Ketgam : Bupati Wajo, Drs. H. Andi Burhanuddin Unru, MM

Wajo, MC – Bupati Wajo A Burhanuddin Unru menegaskan masing-masing Camat, Lurah dan Kepala Desa untuk tahu berapa jumlah “janda” yang ada dan bertempat tinggal didaerahnya.

Hal itu, kata Dia menjadi penting, karena yang pertama harus diketahui bila memimpin sebuah daerah adalah pemetaan penduduk dan wilayah yang bertempat tinggal didaerah yang dipimpinnya.

“Itu pertama yang harus diketahui, berapa jumlah penduduk, berapa perempuan dan laki-laki dan berapa jumlah janda yang ada didaerahnya. Belum jumlah luas wilayah, luas persawahan, perkebunan, tambak, tanaman, ternak dan masih banyak yang lainnya yang harus diketahui satu persatu oleh seorang pemimpin,” ungkap Bupati saat beri arahan saat membuka acara Musyawarah Perencaan Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Bola, Kamis, 12/2.

Kenapa pemetaan penduduk dan luas wilayah harus diketahui?, jawabnya adalah untuk dijadikan perbandingan dalam mengusul dan menentukan program yang akan dilaksanakan.

Bupati menilai, kalau seorang Camat, Lurah dan Kades tidak mengerti akan pemetaan itu, maka yakin program yang dilaksanakan tidak tepat sasaran dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Kalau pemimpinnya tidak mengetahui jumlah penduduknya, tidak menghafal luas wilayah dan potensi daerahnya, maka program yang dilaksanakan tidak akan berjalan dengan baik dan tepat sasaran,” ulang Bupati.

Lebih lanjut Bupati dua periode di Wajo ini menjelaskan bahwa pemerintah saat ini terus memacu peningkatan produktifitas lahan melalui program-program yang dilaksanakan. Program yang dimaksud diantaranya ; pemenuhan prasarana dan sarana produksi seperti handtraktor bersubsidi, bibit, pupuk dan mekanisasi pertanian.

Pertanian menjadi perhatian karena hampir 80persen penduduk masyarakat Wajo hidup di 93ribu hektare luas lahan persawahan di Wajo.

“Mereka menggantungkan hidup pada sektor ini sehingga pemerintah terus menggenjot peningkatan produktifitas lahan ini untuk mensejahterakan masyarakat,” terang Bupati.

Camat Bola A Hasanuddin dalam laporannya mengungkap bahwa luas wilayah kecamatan bola seluas 220,13 Km persegi dengan jumlah penduduk sebanyak 19,8ribu jiwa yang mayoritas bekerja sebagai petani.

Jumlah tersebut tersebar di 1 Kelurahan dan 10 Desa se-kecamatan Bola.

“Dari hasil Musrenbang yang dilaksanakan bulan Januari 2015 lalu, telah diakumulasikan 275 usulan dari sektor pendidikan, pertanian, kesehatan dan ketersediaan infrastruktur,” ujar Hasanuddin. (adv)

Penulis : Nur Asri, SH