Camat Tempe ; “Kenapa Pak Lurah, Kelihatannya Kurang Semangat ?”

Rapat koordinasi penanganan sampah dan kebersihan lingkup Kecamatan Tempe, tampak Camat Tempe, Andi Muh Baso Iqbal B beri arahan disalah satu cafe di Sengkang. (Foto : Arlin Sujarli)

Wajo, MC – Selain memacu pelaksanaan program kebersihan dan penataan lingkungan, khususnya penanganan sampah dikawasan kota Sengkang dan sekitarnya, pemerintah kecamatan Tempe juga membuka layanan Call Centre.

Layanan ini diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin memasukkan laporan dan atau memberikan informasi kepada pemerintah terkait kondisi kebersihan lingkungan sekitarnya.

“Kita akan buat layanan Call Centre khusus untuk pelayanan kebersihan. Melalui layanan itu masyarakat bisa menginformasikan kepada pemerintah, dimana ada tumpukan sampah, dimana ada sampah belum diangkut, masyarakat bisa tembuskan laporannya kepada pemerintah”, ujar Camat Tempe, Andi Muh Baso Iqbal B dalam rapat koordinasi pelaksanaan program kecamatan Tempe di salah satu Cafe, di Kota Sengkang, Minggu malam (8 Januari 2017).

Ia menjelaskan, layanan itu dibuka untuk memudahkan pemerintah melakukan kontrol. “Kalau ada laporan masuk, segera kita serbu dan turunkan tim untuk menindaklanjuti laporan itu”, tutur Camat.

Selain mengungkap kesiapan membuka layanan Call Centre, Camat juga melegitimasi layanan sosial media WhatsApp (WA) sebagai pusat pelaporan terkait perkembangan kinerja lurah bersama staf lingkup kecamatan Tempe.

“Kita jadikan WA sebagai tempat bagi Lurah untuk masukkan laporan. Ini ada pak lurah (maaf nama tidak disebut) kenapa tidak ada laporannya di WA, apa ditingkat bawah sudah bekerja atau tidak?, coba jelaskan !. Saya minta kepada lurah agak aktifkan WA-nya, bila perlu beli hape (handphone, red) yang murah saja, ini untuk kepentingan kinerja kita, jadi saya minta diperhatikan!”, tegas Camat kepada para Lurah.

Tidak hanya itu, Camat dalam rapat juga beri teguran kepada salah seorang Lurah yang dinilai kurang maksimal dalam menggerakkan progran kerjanya dilapangan.

“Saya perhatikan belakangan ini pak Lurah (tidak disebutkan nama) turun kinerjanya, kenapa ini pak Lurah, kelihatannya kurang semangat.  Coba laporkan kinerjanya !”, tegur Camat dalam rapat sembari meminta Lurah paparkan kinerjanya. (SIPD)