Curi Sandal, Anak Belasan Tahun Diamankan

Wajo, MC – Dua pelaku pencuri barang dagangan di pasar siwa kecamatan pitumpanua diamankan oleh petugas kepolisian sektor Pitumpanua.

Penangkapan dilakukan di Bolabakkae Kelurahan Bulete, saat petugas melakukan patroli malam di kawasan pasar siwa, Jumat, 23/1 sekitar pukul 23.00wita tadi malam.

Namun siapa sangka, kedua pelaku ini masih berumur belasan tahun dan tergolong dibawah umum. Masing-masing kedua anak ini berinisial BH 15 tahun dan AL 13 tahun.

Kanit Reskrim Polsek Pitumpanua M Palimbang yang dikonfirmasi membenarkan kejadian itu. Dia mengaku bahwa pelaku yang diamankan ini masih tergolong dibawah umur.

“Kami tidak menyangka bahwa pelaku ini masih dibawah umur yang dibuktikan dengan ijasah dan akte kelahiran mereka. Oleh kejadian itu, maka pihak kepolisian akan melakukan penanganan khusus dan berpedoman pada UU no 11 tahun 2012 tentang sistem peradilan pidana anak,” ungkap Limbang kepada mediacelebes.com, Sabtu, 24/1.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa pihak kepolisian sebelum penangkapan terlebih dahulu membuntuti ulah mencurigakan kedua anak ini.

Saat dibuntuti, keduanya berusaha untuk menghilangkan barang bukti dengan cara melempar barang curian mereka dijalan. Mereka menggunakan sepeda motor dan saat beraksi mereka menggunakan obeng untuk mencungkil pintu kios pasar.

“Dari tangan anak ini, diperoleh barang bukti berupa sandal, sepatu dan topi. Kedua anak ini juga mengaku bahwa perbuatan itu sudah dilakukan sebanyak tiga kali,” jelas Limbang.

Kapolres Wajo AKBP Masrur yang dimintai tanggapan terkait penangkapan anak dibawah umur ini mengungkap bahwa bila ternyata pelaku masih dibawah umur maka akan dilakukan mediasi.

“Nanti dilihat hasil pemeriksaan, kalau memang pelaku masih tergolong dibawah umur, maka pihak kepolisian akan melakukan upaya mediasi untuk penyelesaiannya,” terang Masrur.

Penulis : Sultan, S.Sos