Demo Kebersihan, KNPI Wajo Siap Kerahkan Massa

Wajo, MC – Mendukung program pemerintah kabupaten Wajo untuk menjadikan Kota Sengkang sebagai Kota Bersih dan Sehat, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Wajo akan melakukan aksi demonstran.

Aksi demo yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 September mendatang ini berupa pengerahan massa untuk turun ke-beberapa titik lokasi pembersihan yang ditentukan.

Ketua KNPI Wajo, A M Iqbal Burhanuddin mengutarakan hal itu, Senin, 15/9. Dijelaskan, aksi KNPI Wajo ini adalah bentuk dukungan terhadap program kebersihan yang dicanangkan oleh pemerintah Kabupaten Wajo.

Menurutnya, aksi ini diharap menjadi contoh bagi masyarakat untuk bergaya hidup sehat, mencintai lingkungan dan menjadikan hidup bersih sebagai motto dan kebiasaan sehari-hari.

“Kami berharap seperti itu, gerakan ini bisa mengubah wajah kota dari yang biasa menjadi luar biasa, KNPI ingin Kota Sengkang menjadi kota yang nyaman, sehat dan bersih dan mendapat perhatian dari dalam maupun luar Wajo,” ungkap Iqbal.

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa, gerakan kebersihan yang digelar ini juga bertujuan untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya kebersihan, menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan dan merawat-nya sebagai bahagian dari lingkungan sekitarnya.

“Kebersihan adalah objek dan sifatnya menyeluruh, sedang subjeknya adalah manusia yang harus melahirkan dari dalam dirinya kesadaran akan pentingnya hidup bersih dan sehat. Untuk menjaga kebersihan, bukan hanya sekedar memungut dan menyapu sampah. Namun, yang utama adalah membuat manusianya sadar dan peduli dengan cara menerapkan rasa malu (siri’) ketika membuang sampah disembarang tempat dan ketika lingkungan sekitarnya kotor”, terang Iqbal.

Sementara itu, Sekretaris KNPI Wajo M Nur mengutarakan, sebelum demo diturunkan, KNPI Wajo akan mengadakan dialog menyangkut kebersihan di Gedung KNPI Wajo, 17 September nanti, di Jl Nangka Sengkang.

KNPI pada acara itu rencana menghadirkan beberapa beberapa Kepala SKPD, Organisasi Kepemudaan, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Kalangan Mahasiswa dan tokoh-tokoh masyarakat.

Sedang untuk pelaksanaan demo, KNPI menentukan tempat pembersihan di-tiga titik diantaranya ; Pasar Tempe, Pasar Mini dan Pasar Sentral Sengkang. Saat aksi, KNPI Wajo akan membagikan stiker berisi himbauan kepada masyarakat untuk hidup bersih dan sehat.

“KNPI Wajo dalam aksinya juga akan melakukan orasi tentang pola hidup sehat yang dimulai dari lingkungan yang bersih,” terang Nur.

(Penulis : Nur Asri, SH)