Detik-Detik Proklamasi di Bumi Lamaddukkelleng

Bupati Wajo, Andi Burhanuddin Unru bersama istri (tengah), didampingi oleh Wakil Bupati, Andi Syahrir Kube Dauda dan istri, serta para pejabat teras lingkup pemerintah kabupaten Wajo dalam puncak peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 72 tahun 2017 (Foto : MC)

Wajo, MC – Bupati Wajo, Andi Burhanuddin Unru bertindak selaku inspektur upacara pada puncak peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 72 yang diselenggarakan di Lapangan Merdeka Sengkang, Kamis, 17 Agustus 2017.

Dengan Pakaian Dinas Upacara (PDU) lengkap dengan atribut tanda pangkat dan jabatan, serta deretan lencana penghargaan, Bupati tiba ditempat acara tepat pukul 09.00 wita dari arah rumah jabatan Bupati Jl Veteran Sengkang.

Bupati hadir bersama Wakil Bupati, Andi Syahrir Kube Dauda, Ketua DPRD Wajo Yunus Panaungi, Forum Kominda, dan Sekretaris Daerah Wajo Firdaus Perkesi. Pejabat daerah ini pun didampingi oleh masing-masing istri.

Kedatangan pejabat-pejabat ini disambut dengan pagelaran sosiodrama bertajuk “Spirit Andi Ninnong” yang diperankan oleh anggota TNI Kodim 1406 Wajo berkolaborasi dengan sanggar Baruga Seni Lampulung.

Tepat pukul 09.45 wita, Bupati Wajo mengambil alih pasukan dan langsung memimpin peringatan detik-detik proklamasi, menyerahkan bendera pusaka dan mengomandoi pengibaran bendera yang dilaksanakan oleh pasukan pengibar sang saka merah putih (Paskibraka) binaan pemerintah daerah. Naskah proklamasi dibacakan oleh Ketua DPRD Wajo.

Kasubag Protokol dan Perjalanan Setda Wajo, Sahriani T mengungkap, seusai upacara, Bupati bersama jajaran, Forum Kominda dan tamu undangan lainnya menuju tamam makam pahlawan Empagae kecamatan Tanasitolo yang berjarak sekira 4 km dari arah Kota Sengkang.

Setelah itu dilanjutkan dengan sekar dan acara tabur bunga di Makam Arung Matoa Wajo, Lamaddukkelleng, di Jl Jend Ahmad Yani Sengkang.

Dihari yang sama, Bupati juga diagendakan hadir dan bertindak selaku inspektur dalam upacara pemberian remisi bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Rumah Tahanan (Rutan) klas II B Sengkang, Desa Lempa kecamatan Pammana.

Sore hari nanti, sekitar pukul 17.00 wita, kembali diagendakan upacara penurunan bendera di Lapangan Merdeka Sengkang dan ditutup dengan acara malam ramah tamah di halaman Rujab Bupati, ba’da isya atau pada pukul 19.30 wita. (MC)