Dewan Setuju Izin Tambang Dipertegas

Wajo, MC – Anggota DPRD Kabupaten Wajo setuju bilamana pemerintah ingin mempertegas aturan main dalam perizinan tambang. Jangan sampai kata legislator, karena ada izin, seenaknya melakukan pengerukan kiri-kanan dengan tidak memperhatikan potensi terjadinya bencana atau resistensi keselamatan jiwa manusia yang berlokasi dekat permukiman warga.

Seperti yang diungkap oleh Baso Oddang Komisi II Bidang Pembangunan dan Lingkungan Hidup DPRD Kabupaten Wajo. Menurutnya, pemerintah harus tegas, tidak sembarang keluarkan izin pekerjaan tambang tanpa melalui proses pengkajian mendalam.

Dia mengungkap, negara kita ini-kan negara hukum, yang secara menyeluruh mengatur aktivitas warga negara, termasuk itu dalam hal pengerukan tanah ataupun pendirian permukiman yang dilakukan oleh pihak swasta atau pihak pemerintah sekalipun.

“Jadi, sebaiknya begitu, pemerintah harusnya bertegas dalam hal ini, terlebih soal tambang berikut izin-nya diatur jelas dengan Undang-undang bahkan dalam bentuk Perda. Sebelum ada aktivitas tambang, sebaiknya pemerintah turun melakukan verifikasi, apakah lokasi yang akan ditambang tersebut layak atau tidak, ini harus ada kontrol, tidak boleh dibiarkan begitu saja,” ungkap Baso Oddang di Sengkang, Selasa, 16/12.

Permasalahan lainnya, kata Ketua Fraksi PDI-P ini, adalah sebelum izin tambang dikeluarkan, sebaiknya pemerintah melalui dinas, badan, kantor terkait saling berkoordinasi.

“Jangan sampai hanya satu yang memberikan rujukan, sementara pada bidang lainnya ada pengkajian ilmiah yang bertentangan bilamana penambangan lokasi dilakukan,” terang Oddang.

Penulis : Nur Asri, SH