Dewan Setuju Zainal Hayat Jabat Sekwan

Wajo, MC – Anggota DPRD Kabupaten Wajo mendukung pemerintah kabupaten Wajo bila menunjuk Zainal Hayat untuk menduduki jabatan Sekretaris DPRD (Sekwan) Kabupaten Wajo.

Pertimbangannya, selain karena faktor kesenioran dan kepangkatan, Zainal yang telah lama menjabat Kepala Bagian Risalah dan Perundang-undangan DPRD Wajo dinilai cukup berpengalaman dan kompeten dalam pelaksanaan tugas kesekretariatan DPRD.

“Kalau berbicara kepangkatan dan kesenioran, tentu beliau layak menjabat sebagai Sekwan, namun tentu semua dikembalikan kepada eksekutif dalam hal ini kewenangan Bupati Wajo,” ungkap Baso Oddang di Ruang kerjanya, Rabu, 21/1.

Ditambahkan, Pemkab tentunya tidak asal main tunjuk menempatkan pejabat. Semua tentu harus sesuai prosedur dan mengetahui kemampuan pejabat yang akan diberi kepercayaan.

“Oleh pertimbangan itu sehingga saya secara pribadi menyarankan Bupati Wajo mencermati masukan-masukan yang ada, termasuk pertimbangan dari anggota DPRD. Terlebih, pejabat yang harus menempati posisi itu harus berpengalaman, memiliki kemampuan pengelolaan administrasi dan mengetahui hal-hal yang menyangkut dengan pelaksanaan tugas DPRD. Jadi, ketika bertugas, pejabat tidak perlu lagi buang waktu untuk menyesuaikan diri, bisa langsung bekerja dan melaksanakan tugas dan fungsinya,” saran Oddang.

Untuk diketahui, posisi jabatan Sekwan saat ini masih ditangani oleh Firdaus Perkesi Sekretaris Daerah (Sekda) sebagai pelaksana tugas. Bupati Wajo belum tentukan sikap dan mengisi posisi defenitif untuk Sekwan.

Sebelumnya, sempat mengemuka tiga nama kandidat yang berpeluang menduduki posisi Sekwan tersebut diantaranya ; Zainal Hayat Kabag Risalah dan Perundang-undangan DPRD Wajo, Hasri AS Kabag Humas dan Protokol Wajo, H Saleng Kepala Bidang di Kantor Dinas Pengelola Keuangan Daerah (DPKD) Wajo.

Penulis : Nur Asri, SH