Diduga Serobot Kebun Warga, Oknum Kades di Pitumpanua Dikecam

IMG_20151101_124325Lahan kebun milik warga yang dibabat pekerjaan perintisan jalan

Wajo, MC – Diduga melakukan penyerobotan di-lahan kebun milik tiga orang warga di Desa Batu kecamatan Pitumpanua, oknum kepala desa (BR) bersama kepala dusun-nya (IF) mendapat kecaman keras.

Pasalnya, pekerjaan perintisan jalan yang dilakukan ini disebut tanpa sepengetahun pemilik kebun, baik tertulis maupun secara lisan.

Parahnya lagi, karena pekerjaan yang dilakukan merusak tanaman pohon kakao, cengkeh dan tanaman pisang sepanjang pekerjaan jalan.

“Saya merasa keberatan kalau begini, kenapa se-enaknya langsung melakukan pekerjaan dan membabat kebun saya tanpa ada pemberitahuan,” ujar salah seorang pemilik kebun yang diketahui bernama Hj Radiyah (70) kepada MEDIA CELEBES, Minggu, 1/11.

Begitupula dengan pemilik lahan lain-nya, Hj Tuty (30). Dia mengaku kecewa dan merasa keberatan setelah menyaksikan lahan kebun milik-nya rusak dan dibabat alat berat.

Warga ini juga mengaku tidak pernah diberitahu tentang rencana pekerjaan jalan tersebut.

“Kalau begitu, saya akan lakukan keberatan kepada pihak berwenang, kenapa tidak ada pemberitahuan langsung ada pekerjaan, ini kan penyerobotan nama-nya,” ungkap Tuty dengan nada kesal.

Senada dengan kedua pemilik lahan yang mengaku kebunnya dirusak, Saenong yang diketahui pekerja kebun milik Hj Hawang juga mengaku tidak pernah menerima informasi tentang rencana pekerjaan perintisan jalan tersebut.

“Saya tidak pernah mendapat informasi tentang rencana itu, apalagi saat pekerjaan mungkin saya sementara diluar daerah. Pekerjaan jalan dikebun baru saya tahu setelah balik dari bepergian,” tutur warga ini. (Sul)