Diprediksi, JK Kewalahan Dongkrak Suara Di Sulsel

Wajo, MC – Peluang Calon Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK)untuk mendongkrak dukungan suara di Sulawesi Selatan pada Pemilihan Calon Presiden dan Wakil Presiden periode 2014-2019 nanti, nampaknya akan sulit.

Jualan figur pasangan Joko Widodo ini bahkan dinilai kurang mumpuni lagi mendapat respon dari pemilih seperti saat maju dan mencalonkan diri sebagai Calon Presiden periode 2009 – 2014 silam.

Sulitnya langkah mantan pasangan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono ini untuk menyatukan dukungan suara di kawasan Indonesia Timur dapat diamati langsung dari beberapa pernyataan sikap para aktifis asal Sulsel dan Indonesia Timur pada umumnya, secara terbuka maupun secara senyap yang menentukan dukungan kepada pasangan Prabowo Subiantoro dan Hatta Radjasa.

Gambaran sulitnya peluang JK memboyong dukungan penuh itu dapat pula diamati melalui komentar pemilik akun jejaring sosial. Berdasarkan pantauan, beberapa pemilik akun yang diketahui asal Sulsel secara terbuka memasang gambar dan mem-posting kalimat dukungan kepada pasangan Prabowo – Hatta ketimbang memasang gambar maupun kalimat dukungan kepada pasangan Jokowi – JK.

Padahal, bila dipilah secara cermat dan dilirik dari faktor ke-sukuan, JK yang dikenal sebagai tokoh nasional orang Sulsel, seharusnya mendominasi dukungan dari orang-orang Sulsel. Namun, pada kenyataannya, tak sedikit pemilih di Sulsel menentukan pilihan kepada kepada pesaing Jusuf Kalla. (aci)