Dirawat, Peserta BPJS Diminta Beli Obat Luar

Wajo, MC – Keluarga pasien keluhkan pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Siwa Kecamatan Pitumpanua. Keluhan itu ada setelah pihak RSU menyarankan pasien untuk beli obat di apotik yang ditunjuk oleh dokter RSU.

Padahal, aku keluarga pasien, yang dirawat ini sudah terdaftar sebagai peserta BPJS.

Dinilai, stock obat-obatan yang tersedia dirumah sakit ini terbatas sehingga pasien harus beli obat diapotik.

Sebut saja, nama pasien, Laila Setiawati (35), dengan nomor kartu BPJS/JKN 000 1432818821. Perempuan ini di-diagnosa mengidap penyakit kista sehingga harus menjalani operasi.

Nawir suami pasien mengaku kecewa akan tindakan pihak rumah sakit, dia mengaku baru selama delapan jam dirawat di rumah sakit namun sudah terbebani pembelian obat jutaan rupiah.

Operasi dilakukan sekitar pukul 13.00 hingga pukul 20.00 Wita malam. Sementara dana yang dikeluarkan untuk beli obat diapotik sudah sebesar Rp1.030.000,- untuk tiga kali pembelian.

“Kami tidak tahu, apakah kartu BPJS ini berfungsi atau tidak?, baru delapan jam dirawat kami sudah keluarkan dana jutaan. Padahal, setahu kami, peserta dan pemegang kartu BPJS tidak lagi dibebankan dana pengobatan, apalagi itu disuruh membeli obat diluar rumah sakit, apakah memang rumah sakit tidak sediakan obat-obatan untuk paserta BPJS?,” ungkap suami pasien ini. (Sultan)