DPRD Umumkan Pemberhentian Wakil Bupati Wajo

Wakil Bupati Wajo, Andi Syahrir Kube Dauda (ASK)

Wajo, MC – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Wajo pada hari ini (Selasa, 31 Juli 2018) akan menggelar Rapat Paripurna Pengumuman Pemberhentian Wakil Bupati Wajo masa jabatan 2014 – 2019. Rapat tersebut digelar menindaklanjuti surat permohonan pengunduran diri Wakil Bupati Wajo, Andi Syahrir Kube Dauda dari jabatannya pertanggal 13 Iuli 2018.

Dalam suratnya, Andi Syahrir Kube Dauda (Wakil Bupati Wajo) mengajukan permohonan kepada Ketua DPRD Wajo untuk dilakukan proses permohonan pemberhentian dengan merujuk pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Pria kelahiran Sengkang 19 Mei 1963 ini dalam suratnya menerangkan bahwa permohonan pengumuman pemberhentian atas dirinya mengacu pada pasal 79 yang antara lain menerangkan bahwa ; pemberhentian kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah diumumkan oleh pimpinan DPRD melalui rapat paripurna dan diusulkan oleh pimpinan DPRD kepada Presiden melalui Menteri untuk mendapatkan penetapan pemberhentian.

Sementara dalam hal pemberhentian jabatan kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah diatur dalam pasal 78 yang antara lain berbunyi bahwa ; kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah berhenti karena ; meninggal dunia; permintaan sendiri; atau diberhentikan.

Sehingga, jika dicermati pasal yang mengatur tentang mekanisme pemberhentian kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah tersebut, surat permohonan Andi Syahrir Kube Dauda kepada pimpinan DPRD kabupaten Wajo dapat dinilai atas permintaan sendiri. (Red/MC)