DPRD Wajo Belum Sahkan Ranperda Pilkades

“Hanya Tiga Ranperda Yang Disahkan”

Wajo, MC – Senin, 29/12, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Wajo sahkan tiga Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pemerintah Kabupaten Wajo untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Ketiga Ranperda yang disahkan ini diantaranya ; Ranperda tentang Sistem Perlindungan Anak (SPA), Ranperda Pengelolaan Pasar (PA) dan Ranperda Perubahan Ketiga atas Perda nomor 30 tahun 2011 tentang Retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah.

Sementara, Ranperda tentang Tata Cara Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan – Pemberhentian dan Masa Jabatan Kepala Desa yang bersamaan diserahkan untuk dibahas pada 27 Oktober 2014 lalu belum disahkan.

Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia – Pembangunan (PDI-P) DPRD Kabupaten Wajo, Baso Oddang mengungkap belum disahkannya Ranperda yang mengatur Pilkades ini tidak menjadi kendala terhadap pengesahan Ranperda lainnya. Meski Ranperda tersebut secara bersamaan diusul dalam Rapat Paripurna sebelumnya.

Terlebih, sambung legislator dua periode di Wajo ini, ketiga Ranperda lainnya sudah selesai dibahas dan telah dirampungkan oleh masing-masing Panitia Khusus (Pansus).

“Tidak apa-apa, pengesahan ketiga Ranperda ini bisa saja dilakukan, apalagi pembahasannya sudah rampung,” pungkas Oddang. (aci)