DPRD Wajo Gagas Empat Ranperda Inisiatif

Wajo, MC – DPRD Kabupaten Wajo pada anggaran pokok tahun 2015 ini menggagas empat Rancangan Perda (Ranperda) inisiatif.

Keempat Ranperda itu diusul oleh tiga Komisi DPRD Wajo diantaranya ;

* Ranperda tentang Pemberdayaan, pelestarian, perlindungan, pengembangan adat istiadat lembaga adat dalam wilayah Kabupaten Wajo oleh Komisi I DPRD Wajo
* Ranperda tentang Pengelolaan dan pengendalian lingkungan hidup serta Ranperda tentang ijin usaha konstruksi oleh Komisi III DPRD Wajo
* dan Ranperda tentang Kesehatan Ibu, Bayi Baru Lahir dan Anak Balita (KIBBLA) oleh Komisi IV DPRD Wajo.

“Tiga Komisi telah menyiapkan bahan, kecuali Komisi II yang belum. Namun, kita berharap kedepan pasca perubahan anggaran, komisi II bisa mengusul ranperda sama seperti yang dilakukan oleh komisi lainnya di DPRD Kabupaten Wajo,” ungkap Zainal Hayat kepada mediacelebes.com. Senin, 2 februari 2015.

Dijelaskan bahwa, keempat Ranperda yang digagas tersebut masing-masing telah dimasukkan dalam Prolegda tahun 2015 dan sementara ini dalam tahap kajian naskah akademik.

Zainal memperkirakan pengusulan bisa dilakukan bulan februari dan pengesahan dilakukan pada bulan april mendatang. Hal itu dilakukan untuk menghindari bertumpuknya agenda pembahasan oleh para anggota DPRD.

“Jangan sampai, keterlambatan yang terjadi membuat agenda pembahasan yang telah dimasukkan dalam prolegda jadi bertumpuk,” pungkas Zainal.(aci)