Dua Jubir ASYIK Dipasti-kan Terpilih

Wajo, MC – Kendati persaingan untuk menarik simpati pemilih calon legislatif (Caleg) DPRD Wajo di daerah pemilihan (Dapil) IV (Bola, Takkalalla, Majauleng, Penrang) cukup ketat.

Namun, peluang untuk Baso Oddang (incumbent DPRD Wajo partai PDI-P) dan Sumardi Arifin (Ketua PKB Wajo) untuk bisa terpilih dalam pilleg 9 april 2014 mendatang, cukup besar.

Peran mereka sebagai juru bicara (jubir) dan berhasil mengawal kemenangan pasangan ASYIK (A Burhanuddin Unru – A Syahrir Kube Dauda) sebagai Bupati dan Wakil Bupati Wajo terpilih dalam Pemilukada lalu membuat popularitas dan tingkat keterpilihan mereka terdongkrak naik.

Saking kuat-nya peluang untuk menduduki kursi DPRD Wajo periode 2014 – 2019 mendatang, mereka bahkan di-jagokan memperoleh suara terbanyak diantara 108 caleg 12 partai yang bersaing di Dapil IV.

Berdasarkan analisis pemerhati politik di Wajo, Syamsul Bahri, selain karena kedua kandidat ini memiliki basis dan pemilih jelas, tingkat keterpilihan mereka ditopang dengan kemampuan mereka menjual potensi dan pengalaman kepada masyarakat.

Kedua-nya seakan menutup kran bagi kandidat lain karena hampir seluruh daerah padat penduduk di-kuasai oleh kedua kandidat ini.

“Berdasarkan hal itu, maka dapat disebut, dari 9 (sembilan) kursi yang diperebutkan, kedua caleg ini (Baso Oddang – Sumardi Arifin) sudah dapat dipastikan ada didalam-nya,” terang Syamsul di Sengkang, Senin 6/1.

Lebih jauh Syamsul menjelas-kan, prediksi tersebut tidak asal diungkap tanpa melalui proses analisis dan kroscek kondisi di-lapangan. Peluang keterpilihan mereka dapat terbaca dari kemampuan mereka menguasai medan dan menggalang simpul-simpul yang ada ditengah masyarakat Dapil IV.

“Keunggulan-nya, mereka tidak lagi sibuk melakukan pencitraan karena citra mereka sudah terbangun sejak dulu, ditunjang dengan kemampuan mereka melakukan penguatan dan mempertahankan suara di-basis mereka,” kunci Syamsul. (aci)