Dua Kecamatan di Wajo Lakukan Pemekaran Desa

Banner Head SIPD 1

Peta Administratif Kabupaten Wajo Peta Administratif Kabupaten Wajo (Foto : Int)

Wajo, MC – Dua kecamatan di kabupaten Wajo akhirnya mendapat restu dari pemerintah pusat untuk melakukan pemekaran desa. Kedua kecamatan itu diantaranya ; kecamatan Pitumpanua bertambah 13 desa dan kecamatan Pammana sebanyak 1 desa.

Dengan demikian secara administratif, dari 128 desa yang ada di kabupaten Wajo akan bertambah menjadi 142 desa.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa/Kelurahan (BPMPDK) Kabupaten Wajo, Syamsul Bahri mengungkap bahwa pemerintah kabupaten Wajo dalam hal ini Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru dalam waktu dekat akan meresmikan desa yang baru dimekarkan ini.

Kemungkinan besar, kata Ancu (sapaan Syamsul Bahri) acara peresmian dilaksanakan pada bulan oktober atau november 2015 mendatang.

“Kami sudah usulkan kepada Bupati jadwal-nya, sisa menunggu kesiapan beliau,” ujar Ancu kepada MEDIA CELEBES, Minggu, 20/9.

Sejauh ini, sambung-nya, pemerintah juga tengah menyusun dan mengusulkan beberapa nama untuk diangkat menjadi penjabat kepala desa. Penjabat kepala desa ini direkrut dari kalangan PNS (Pegawai Negeri Sipil) seperti yang tertuang dalam aturan dan perundang-undangan yang ada.

Pengangkatan penjabat kepala desa dari kalangan PNS dilakukan untuk mengisi jabatan sebelum ada kepala desa yang defenitif.

“Penjabat ini diangkat dan di SK kan oleh Bupati Wajo, Penjabat ini pula yang akan menjalankan pemerintahan dan pelayanan masyarakat, termasuk menyusun struktur dan perangkat-perangkat desa. Namun, dalam pelaksanaannya, desa yang baru ini tetap akan mendapat pembinaan dari pemerintah tingkat kecamatan dan kabupaten,” pungkas Ancu.

Penulis : Nur Asri

Banner Head SIPD 1