Dua Pejabat Senior Dikabarkan Incar Posisi Sekwan

Wajo, MC – Posisi lowong Sekretaris DPRD (Sekwan) Kabupaten Wajo rupanya diincar oleh beberapa pejabat. Selain tiga nama (Zainal Hayat, Hasri AS dan H Saleng) yang sebelumnya dikabarkan bersaing untuk mendapat posisi itu, belakangan mencuat dua nama pejabat lainnya.

Seperti informasi yang dihimpun oleh mediacelebes.com, Rabu, 21/1. Jabatan Sekwan ini rupanya diincar pula oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ir A Sederhana dan Camat Tempe A Syahrial Makkuradde.

Kedua pejabat ini masing-masing berpeluang mengisi jabatan Sekwan dengan pertimbangan kesenioran dan kepangkatan yang sudah dianggap cukup.

“Saya dengar Pung Sade’ (Ir Sederhana) yang dicalonkan tempati posisi Sekwan itu?,” ungkap seorang Pegawai dengan nada tanya.

Seperti diketahui, jabatan Sekwan untuk saat ini masih dijabat oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Wajo Firdaus Perkesi sebagai pelaksana tugas sehari-hari (Plts).

Bupati Wajo A Burhanuddin Unru dalam kapasitasnya sebagai pemegang kewenangan terhadap penempatan pegawai lingkup Pemkab Wajo belum tentukan sikap untuk mengisi posisi lowong ini.

Sebelumnya pula anggota DPRD Kabupaten Wajo, Baso Oddang terkait kelowongan itu menyarankan agar Bupati Wajo melalui Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Pemkab Wajo untuk bersikap selektif dan mempertimbangkan dengan baik pejabat yang akan diangkat.

Ketua Fraksi PDI-P DPRD Wajo ini menyarankan Bupati Wajo bahkan menawarkan Zainal Hayat yang kini menjabat sebagai Kepala Bagian Risalah dan Perundang-undangan DPRD Wajo untuk menduduki jabatan Sekwan tersebut.

Menurutnya, jabatan Sekwan adalah posisi tekhnis sehingga Bupati dalam hal ini selaku pemegang kewenangan penuh terhadap penempatan jabatan pegawai di Wajo disaran memilih berdasarkan prosedur dan menempatkan pejabat sesuai kemampuan dan pengalamannya.

“Semua harus berjalan dengan baik dan sesuai prosedur, Bupati harus mengetahui kemampuan pejabat yang akan diberi kepercayaan agar setelah pelantikan, pejabat yang diangkat bisa melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik,” terang Oddang.

Penulis : Nur Asri, SH