Dukungan Masyarakat, Energi Bagi KPK

Jakarta, MC – Pasca peristiwa penyerangan terhadap salah seorang penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 11 April lalu, sejumlah dukungan terus berdatangan. Beberapa waktu lalu, sejumlah pegiat antikorupsi menyampaikan dukungan agar KPK tetap gigih menjalankan Amanah pemberantasan korupsi.

Mereka antara lain, Agus Sunaryanto, Abdullah Dahlan (ICW), Hari Azhar dan Yati Andiyani (Kontras), Muhammad Isnur (YLBHI), Alghifari Aqsa (LBH Jakarta), Bivitri Susanti (STH Jentera), Nur Solikhin (PSHK), Usman Hamid (Change.org) dan Runi (Gerakan Anti Korupsi).

Saat menerima kedatangan mereka, Ketua KPK Agus Rahardjo mengapresiasi atas dukungan sebagai bentuk kepercayaan masyarakat kepada KPK. “Ini merupakan energi bagi kami dan penghargaan tertinggi. Semoga kami bisa selalu meningkatkan kinerja dan memenuhi harapan masyarakat,” katanya seperti dalam rilis yang diterima MEDIACELEBES, beberapa hari yang lalu.

Sementara itu, salah seorang perwakilan, Usman Hamid menyatakan bahwa kedatangan mereka merupakan bukti bahwa KPK begitu berharga bagi masyarakat.

“Dukungan ini, bentuk kepdulian kami kepada KPK. Saya mau menempatkan forum sore ini sebagai upaya untuk mendekatkan kembali KPK dengan masyarakat sipil,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Usman juga menyampaikan dukungan masyarakat yang digagas melalui situs Change.org yang berhasil menghimpun sebanyak 52 ribu tanda tangan.

“Ini menjadi modal sosial dukungan kami kepada KPK. Meskipun tidak sempat meluangkan waktunya, tapi menunjukkan perhatian kepada KPK,” katanya.

Sebelumnya, pada Kamis (4/5) lalu, dukungan serupa juga datang dari mantan pimpinan dan mantan pegawai KPK. Di antaranya, mantan pimpinan KPK Taufiqurahman Ruki, Johan Budi SP, dan Waluyo.

Saat itu, mantan Plt. Wakil Ketua KPK Johan Budi menyampaikan bahwa KPK tidak perlu khawatir karena dukungan masyarakat masih besar untuk KPK. “Publik masih seratus persen mendukung KPK, berarti pimpinan dan KPK berada pada jalur yang benar,” tegasnya.

Hal senada juga disampaikan mantan Plt. Ketua KPK Taufiqurahman Ruki mengatakan bahwa para alumni pimpinan KPK berkomitmen untuk terus mendukung KPK.

Sumber : Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)