Empat Calon Bupati di Sulsel Jalani Test Kepatutan

lambangresmipkb Gambar Logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

Jakarta, MC – Calon Bupati empat kabupaten di Sulsel, yakni Selayar, Pangkep, Bulukumba dan Luwu Utara, mengikuti fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan sebagai bakal calon kepala daerah kabupaten setempat, Sabtu – Minggu (21-22/6).

Sebanyak 13 orang mengikuti agenda yang digelar DPP PKB jalan Raden Saleh, Jakarta. Keseluruhannya dinyatakan lolos oleh DPW PKB Sulsel dan berhak mengikuti tahap akhir penentuan Calon Bupati.

Ketua PKB Sulsel, Azhar Arsyad menyatakan, fit and proper test ini akan melihat figur calon kepala daerah dari segi kepemimpinan, loyalitas dan komitmen terhadap masyarakat. Hal yang terpenting lainnya, juga terkait menyalaraskan ideologi politik PKB.

“Kita memiliki visi politik rahmatan lilalamin, ini yang ingin kami selaraskan, utamanya PKB sebagai partai yang berazaskan Idiologi Pancasila dan nafas Islam,” jelasnya.

Senada, Sekretaris PKB Sulsel, Ahmad Sunnary mengungkapkan fit and proper test juga dilakukan untuk melihat pemahaman calon kepala daerah terkait agenda-agenda kedepan. “Apakah calon kepala daerah ini nyambung atau tidak dengan prinsip partai, Islam rahmatan lilalamin,” katanya.

Dijelaskan Sunnary, mekanisme proses penjaringan calon bupati kepala daerah PKB sesuai juklak, setelah DPC PKB membuka penjaringan secara umum dan proses akhir di DPP. Adapun fit and proper test dilakukan oleh tim desk pilkada DPP PKB.

“Kini fit and propert test di DPP PKB, dan DPP akan menelorkan satu nama,” tandas cucu AGH Yunus Martang ini.

Sumber : Humas PKB Sulsel