Enam Fraksi DPRD Wajo Terima Ranperda Pilkades untuk Dibahas

Wajo, MC – Enam fraksi DPRD Kabupaten Wajo diantaranya ; Fraksi Golongan Karya (Golkar), Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Fraksi Perjuangan Demokrasi Indonesia – Perjuangan (PDI-P), Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Fraksi Gerakan Wajo Sejahtera dan Fraksi Demokrat masing-masing menerima Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) pemerintah Kabupaten Wajo untuk dibahas.

Ranperda yang diajukan ini menyangkut tentang ; Ranperda tentang Tata cara pemilihan, pengangkatan, pelantikan – pemberhentian dan masa jabatan kepala desa, Ranperda tentang sistem perlindungan anak, Ranperda pengelolaan pasar serta Ranperda Perubahan ketiga atas Perda nomor 30 tahun 2011 tentang Retribusi pemakaian kekayaan daerah.

Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Wajo, A Madukelleng Oddang dalam sambutannya mengatakan bahwa Ranperda yang diajukan ini merupakan kebutuhan mendesak pemerintah kabupaten Wajo, utamanya dalam pelaksanaan pemerintahan dan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Wajo.

Misalkan saja, pada Ranperda tentang Tata Cara Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan dan Pemberhentian dan Masa Jabatan Kepala Desa, ini menjadi kebutuhan pemerintah setelah sebelumnya Perda no 5 tahun 2007 yang mengatur tentang pelaksanaan Pilkades sudah tidak sesuai dengan Perundang-undangan yang berlaku sehingga perlu ada pembentukan peraturan yang baru.

Tahun 2014 ini, kata Oddang, dari 128 Desa yang ada di Kabupaten Wajo, terdapat 80 Kepala Desa yang telah berakhir masa jabatannya, begitupula pada tahun 2015 mendatang, jumlah tersebut semakin bertambah menjadi 108 Kepala Desa.

“Dari pertimbangan itulah, maka pemerintah mengajukan usulan Ranperda ketingkat DPRD Wajo, dimana untuk tetap memaksimalkan jalannya pemerintahan, maka pembentukan aturan menyangkut tentang pemilihan kepala Desa ini dianggap perlu untuk segera dibentuk,” pungkas Oddang.

Untuk diketahui, Rapat paripurna penyerahan Ranperda pemerintah kabupaten Wajo ini dipimpin oleh Ketua dan Wakil Ketua I DPRD Wajo, H Yunus Panaungi dan H Risman Lukman.

Sementara untuk pandangan umum fraksi masing-masing dibacakan oleh ; Fraksi Golongan Karya (Golkar) dibacakan oleh Sumardi Arifin), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) oleh A Yusri, Parta Demokrasi Indonesia – Perjuangan (PDI-P) oleh Hj Husniaty HS, Partai Amanat Nasional (PAN) oleh Sudirman Meru, Gerakan Wajo Sejahtera Agustan Ranreng dan H Senurdin Husain dari Fraksi Demokrat.

(Penulis : Nur Asri, SH)