Esok, Bupati Ekspose Pasar Tradisional Modern di Jakarta

Wajo, MC – Besok, Selasa, 21/10, Bupati Wajo A Burhanuddin Unru akan melakukan ekspose dihadapan Pusat Investasi Pemerintah (PIP).

Ekspose tentang pembangunan pasar tradisional modern itu akan dilakukan di Ruang Rapat PIP Gedung Graha Mandiri Lantai 5, Jl Imam Bonjol 61 Jakarta. Acara ini akan berlangsung pada pukul 14.00 WIB.

Sebelumnya, Bupati Wajo A Burhanuddin Unru di ruang kerjanya, beberapa hari yang lalu, mengungkap bahwa ekspose itu dilakukan sebagai salah satu syarat untuk mendapat bantuan dana dari pusat investasi pemerintah.

Menurutnya, pembangunan pasar tradisional modern ini menjadi target pemerintah untuk bisa terbangun. Program ini merupakan program pengembangan yang akan dilakukan di kawasan terminal regional Sengkang.

Sejauh ini, kata Bupati, dan itu sesuai perkembangan yang ada dikawasan sebelah timur kota Sengkang, masyarakat mulai melakukan pembangunan rumah hunian, baik bangunan permanen maupun semi permanen. Belum yang melakukan pembangunan rumah toko dan beberapa jenis bangunan lainnya.

“Itu menandakan respon masyarakat akan hadirnya pasar tradisional modern cukup baik dan pemerintah akan menindaklanjuti perkembangan masyarakat tersebut dengan perbaikan dan pembukaan jalan, melengkapi sarana pendukung lain seperti yang dipersyaratkan dalam rancangan tata ruang dan wilayah (RT-RW) kota Sengkang,” pungkas Burhanuddin.

Lebih lanjut Burhanuddin menjelaskan bahwa, rencana pemerintah ini pula tidak saja berefek positif pada pengembangan kota Sengkang semata. Namun, adanya pembangunan pasar tradisional modern itu nantinya akan berpengaruh pada perputaran ekonomi masyarakat.

“Efek positif peningkatan ekonomi inilah yang diharap oleh pemerintah, dimana, dengan terbukanya ruang usaha bisa mengangkat pendapatan masyarakat secara bertahap hingga mencapai target yang diinginkan oleh pemerintah,” terangnya.

Seperti diketahui, rencana pembangunan pasar tradisional modern ini telah mendapat persetujuan dari DPRD Wajo.

Ketua Fraksi PDI-P DPRD Wajo Baso Oddang mengungkap, persetujuan itu telah lama dikeluarkan oleh DPRD Wajo. Salah satu tujuan yang dicapai dari pembangunan pasar modern itu adalah terciptanya perekonomian masyarakat yang mandiri dan berbasis kerakyatan.

(Penulis : Nur Asri, SH)