Firdaus Perkesi Resmi Jabat Sekda Wajo

“Masih Dipercayakan Jabat Tugas Sekwan”

Bupati Wajo A Burhanuddin Unru saat melantik Firdaus Perkesi sebagai Sekretaris Daerah Wajo

Wajo, MC – Bupati Wajo A Burhanuddin Unru melantik dan mengambil sumpah jabatan Firdaus Perkesi sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo, Rabu, 14 Januari 2015.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pria kelahiran 13 Agustus 1957 ini dilaksanakan di Aula Pertemuan Kantor Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Kabupaten Wajo Jl Kejaksaan Sengkang.

Penyandang gelar Doktor (Strata III) ini dilantik berdasarkan Keputusan Gubernur Sulawesi Selatan nomor 821.2/04/XII/BKD tentang pengangkatan dalam jabatan struktural Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo pertanggal 30 Desember 2014.

Selain menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda), saudara kandung Kepala PSDA Kabupaten Wajo (Firman Perkesi) ini juga dipercayakan untuk melaksanakan tugas sebagai Sekretaris DPRD Wajo berdasarkan perintah Bupati Wajo dengan surat perintah nomor 821.2/131/2015 terhitung sejak tanggal 14 Januari 2015.

Hadir dalam pelantikan, Wakil Bupati Wajo A Syahrir Kube Dauda bersama Ibu Hj Andi Ukmah Syahrir, Ketua DPRD Wajo HM Yunus Panaungi bersama jajaran Muspida Kabupaten Wajo, Ketua TP PKK Wajo Hj A Faikah Burhanuddin dan para Kepala SKPD, Camat dan beberapa tamu undangan lainnya.

Bupati Wajo A Burhanuddin Unru dalam sambutannya menilai peristiwa yang terjadi itu (pelantikan, red) merupakan hal lumrah terjadi dalam perjalanan karir seorang PNS.

Pengangkatan dalam jabatan, kata Dia, apapun bentuknya merupakan pemberian kepercayaan, tugas dan tanggungjawab sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan wajib hukumnya dipertanggungjawabkan kepada pimpinan, masyarakat dan kepada Tuhan YME.

Mutasi ada tiga wujud, diantaranya, promosi, rotasi dan demosi. Ketiganya merupakan bentuk pergeseran posisi jabatan, baik secara vertikal maupun horizontal. Pelantikan yang baru kita saksikan ini merupakan bentuk implementasi mutasi promosi PNS kejenjang eselon yang lebih tinggi,” ungkap Burhanuddin.

Lebih lanjut Burhanuddin menjelaskan bahwa jabatan Sekda mempunyai tugas yang cukup berat dan strategis. Sekda bertugas membantu Bupati dalam melaksanakan tugas pemerintahan, administrasi, organisasi dan tata laksana serta memberikan pelayanan administrasi kepada seluruh perangkat daerah kabupaten.

Untuk itu, kepada pejabat baru, saya harap bisa memberi warna tersendiri dalam menajemen administrasi pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan secara umum agar lebih berprestasi, berinovasi dan berkreasi,” ujar Bupati. (adv)

Penulis : Nur Asri, SH