Gabungan Massa di Sulsel Serukan Penguatan KPK

“Masyarakat Pesimis Melihat Komitmen Joko Widodo Untuk Berantas Koruptor”

Ketgam : Aksi Serikat Perempuan Anti Korupsi mendesak Presiden Jokowi tidak melantik Budi Gunawan sebagai Kapolri

Makassar, MC – Massa yang terdiri dari sejumlah organisasi kemasyarakatan dan mahasiswa pegiat anti korupsi yang tergabung dalam Msyarakat Anti Korupsi (MARS) Sulsel, senin (16/2/2015), menggelar aksi solidaritas SAVE KPK, sembari menunggu putusan praperadilan Budi Gunawan (BG).

Dalam aksi tersebut , massa mendesak presiden segera menyelesaikan kisruh yang terjadi antara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Polri yang berlangsung di Fly Over Makassar.

Dalam aksinya, mereka membawa sepanduk dengan berbagai tulisan, diantaranya “SAVE KPK! Sehatkan Polri, Komitmen Jokowi dimana?.” Dukung KPK dan Polri yang berpihak kepada rakyat.

Namun setelah mendengar putusan Praperadilan BG yang diputuskan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, mengabulkan gugatan pemohon yang disaksikan melalui media, membuat geram para akitivis yang tergabung dalam MARS Sulsel

Serikat Perempuan Anti Korupsi, dalam orasinya mendesak pemerintah untuk : ” Tidak Melakukan Pelantikan Komjen Budi Gunawan Sebagai Kapolri, batalkan budi waseso sebagai calon kapolri”

Ia mengatakan KPK memang lembaga yang memiliki tugas utama untuk memberantas korupsi, Namun, pihaknya tetap percaya bahwa peran Polri dan Jaksa juga tidak bisa disepelekan.

Ditambahkan pula dari berbagai kalangan aktivis melakukan aksi teatrikal untuk tidak melantik calon Kapolri, karena ini membuat kesulitan untuk KPK melanjutkan kasus tersangkanya BG sebagai calon Kapolri.

Mereka juga tegaskan agar hentikan upaya penghancuran KPK lewat kriminalisasi Komisioner KPK, Pemilihan Kapolri harus melibatkan KPK, KOMNAS HAM dan Publik.

Ketgam : Aksi dukungan massa di Makassar terkait Penguatan KPK

Dengan ketidakpastian sikap presiden Jokowi Dodo yang terkesan menunda mengambil keputusan untuk menyelamatkan KPK, membuat masyarakat pesimis melihat komitmen Jokowi dalam kapanyanyenya ketika calon Presiden untuk memberantas koruptor.

Mereka serukan masyarakat agar tetap bersatu padu dalam penguatan KPK untuk melakukan pemberantasan korupsi di Indonesia ini melalui selebaran yang diberikan pada pengemudi jalan,oleh aktivis yang tergabung dalam MARS Sulsel.

Penulis : Zulfikar Yusliskatin