Gaet Investor Asing, BritCham Indonesia Gandeng APKASI

IMG-20151107-WA0005_resizedPenandatanganan MoU BritCham dengan APKASI di Pameran Kopi dan Kakao, Jakarta

Jakarta, MC – The British Chamber of Commerce (BitCham) Indonesia berkomitmen untuk melanjutkan peran strategisnya dalam memfasilitasi hubungan perdagangan dan investasi antara negara Inggris dan Indonesia.

Komitmen itu ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara pihak BritCham dengan Assosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dalam acara Pameran Kopi dan Kakao Indonesia, Plaza Selatan Gelora Senayan, Jakarta, Sabtu (7/11).

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Chris Wren, BritCham Executif Direktor dengan Nurdin Abdullah, Sekretaris Jendral APKASI yang disaksikan oleh Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman dan BritCham Chairman, Adrian Short.

UK Prime Minister’s Trade Envoy to Indonesia and the ASEAN Economic Community, Richard Graham MP menyatakan bahwa Indonesia memiliki potensi dan peluang besar untuk meningkatkan ekspor serta kontribusi terhadap negara-negara ASEAN.

“Berbagai sektor dan peluang bisnis di Indonesia sangat potensial untuk di-eksploirasi, telebih hal itu mendukung agenda pemerintah Indonesia untuk menciptakan peluang kerja bagi masyarakat-nya,” ujar Richard seperti dalam rilis yang diterima MEDIA CELEBES, Sabtu, 7/11.

Sementara itu, Mercy Luvina Deswanti, Direktur Eksekutif APKASI dalam rilisnya mengungkap harapan besar untuk meningkatkan kerjasama perdagangan dengan pengusaha Inggris melalui BritCham di Indonesia.

“Perjanjian itu dapat diaktualisasikan dan dikembangkan semaksimal mungkin oleh pemerintah tingkat kabupaten di seluruh Indonesia,” tutur Mercy.

Sementara itu, Sekretaris APKASI, Nurdin Abdullah membeberkan bahwa potensi yang tersebar di Indonesia dapat dimaksimalkan, khususnya komoditas kakao dan kopi.

“Kesepakatan bersama yang lahir antar kedua negara ini dalam bentuk kolaborasi serta hubungan saling mendukung anggota organisasi,” terang Nurdin.

Sekedar informasi, dalam kerjasamanya, BritCham aktif mempromosikan, mendorong dan membantu kelanjutan serta pertumbuhan hubungan perdagangan dan investasi antara Indonesia dan Inggris.

BritCham seperti dalam rilis-nya mengaku aktif melakukan inisiatif luar biasa dan signifikan untuk meningkatkan investasi dan perdagangan antar dua negara melalui program “Indonesia to the UK”.

Pada program tersebut, pemangku kepentingan, termasuk didalamnya, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Bank Indonesia (BI) mempromosikan ikim investasi Indonesia dan Inggris kepada para pengusaha Inggris bulan Juni 2015 lalu.

“Kami akan menjembatani mitra komersial di Indonesia untuk para pelaku bisnis di Inggris serta meningkatkan peluang investasi dan perdagangan yang ada di wilayah Indonesia. Dan untuk mencapai objektif tersebut, BritCham telah merencanakan ke-Inggris untuk misi perdagangan dan investasi pada bulan Maret 2016,” ungkap Chris Wren, BritCham Executive Director yang saat ini berada di London untuk mempromosikan potensi bisnis di Indonesia.

Editor : Nur Asri