Gagas Transportasi Percontohan, Pemkab Bantaeng Terapkan RASS

Bantaeng, MC – Pemerintah Kabupaten Bantaeng melalui Dinas Perhubungan dan Infokom Kabupaten Bantaeng kembali menggagas inovasi dibidang Perhubungan Darat.   Pemkab akan menjadikan Bantaeng sebagai Kabupaten Percontohan Keselamatan Jalan Nasional di Indonesia.

Alasannya sangat berdasar, dimana Kabupaten Bantaeng telah meraih dua kali Piala Wahana Tata Nugraha di tahun 2013 dan 2014.

Hal ini terungkap, pada saat pelaksanaan rapat rencana penertiban poros jalan nasional dan rencana usulan penetapan rute aman selamat sekolah atau disingkat dengan RASS.

Kegiatan rapat ini berlangsung di D’Gonny Cafe dan dihadiri beberapa Kepala SKPD dan dari Polres Bantaeng dan Perwakilan dari Balai LLAJSDP Palu, baru-baru ini.

“Pertemuan ini menjadi penting artinya, karena pihak Pemkab Bantaeng pada prinsipnya menyetujui dan merespon secara positif pelaksanaan kegiatan Rute Aman Selamat Sekolah (RASS).  Ini semua atas bimbingan dari Direktorat Keselamatan Transportasi Darat Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI,” ujar M. Nur Alam selaku Sekretaris Dinas Perhubungan dan Infokom Kabupaten Bantaeng.

Tambah M. Nur Alam bahwa pertemuan ini juga menetapkan zona RASS yang terdiri dari di  Jalan  TA. Gani Kecamatan Bissappu,  dan Jalan Poros Banntaeng – Bulukumbaa (Kampung Tanetea, Desa Nipa Nipa), dimana kawasan ininmerupakan kawasan sekolah SD, SMP dan SMA dan dapat diakses dari  berbagai Kecamatan di Bantaeng.

Selain itu pula, telah menyepakati pelaksanaan kegiatan sosialisasi keselamatan jalan secara berkesinambungan sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab, terhadap pendidikan berkarakter dibidang keselamatan jalan pada pendidikan formal dan non formal yang akan ditandai dengan pencanangan Dekade Aksi Keselamatan Jalan Nasional.

Pertemuan ini dihadiri Kepala SKPD diantaranya Kepala Dinas Perhubungan dan Infokom Kabupaten Bantaeng, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, dari Polres Bantaeng, Sekretaris Dinas Perhubungan dan Infokom Kabupaten Bantaeng, Kepala Bagian Kesra Setda Bantaeng yang juga Sekretaris Pokja Kabupaten Layak Anak dan juga tampak hadir Drs. H. Benny Nurdin Yusuf, A.Md.LLAJ., MH selaku Kasie Jaringan Pelayanan dan Prasarana Balai LLAJSDP Palu.

Kehadiran pejabat dari Balai LLAJSDP Palu yang mencakup wilayah tugas di Pulau Sulawesi, Maluku dan Papua, tidak lain dan bukan telah memberikan inspirasi yang banyak dalam pertemuan ini dan terutama sekali pada terwujudnya Banteng sebagai Kabupaten Percontohan Keselamatan Jalan Nasional di maksud.

“Kami sangat mendukung dan merespon  keinginan Pemkab Bantaeng untuk menjadikan Bantaeng sebagai Kabupaten Percontohan Keselamatan Jalan Nasional di Indonesia. Dan dalam rangka tersebut, kami akan menjembataninya melalui Direktorat Keselamatan Transportasi Darat Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI, yaitu mengasistensi pengadaan sarana umum jalan dan pejalan serta transportasi Bantaeng yang baik, diantaranya bertambahnya beberapa sarana transportasi, jalur sepeda dan beberapa rambu jalan untuk penataan kota nantinya. Khususnya Bantaeng yang kecil tapi ternyata telah membuktikan diri dengan penataaan kota dan sarananya yang baik dan rapi” tambah H. Benny Nurdin selaku Kepala Seksi Jaringan Pelayanan dan Prasarana Balai LLAJSDP Palu.

Bupati Bantaeng HM. Nurdin Abdullah tentunya sangat mengapresiasi atas iniasi rencana yang baik ini, khususnya penataan Bantaeng yang lebih baik nantinya dimasa masa datang.

(Sumber : Bagian Humas dan Protokol Kabupaten Bantaeng)