Haa…!?, Buang Sampah Sembarangan, Bisa Kena Sanksi “Pedas”

Pemerintah kecamatan Tempe akan berlakukan sanksi pelanggaran kebersihan (Gambar Ilustrasi)

Wajo, MC – Pemerintah kecamatan Tempe memberlakukan larangan bagi masyarakat untuk membuang sampah disembarang tempat.

Jika ada yang melanggar, bisa dikenakan ancaman pidana kurungan 3 (tiga) bulan atau denda sebesar Rp 5.000.000* (lima juta rupiah) seperti yang tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) nomor 5 tahun 2006.

Camat Tempe Andi Muh Baso Iqbal mengungkap, larangan tersebut diberlakukan untuk menekan kebiasaan buruk masyarakat membuang sampah disembarang tempat.

Pemerintah kecamatan menggandeng Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan beberapa lembaga terkait untuk menegakkan aturan tersebut.

“Kita sudah bicarakan hal ini dengan Satpol PP, aturannya ada dan tentu harus ditegakkan”, ujar Camat di Ruang Kerjanya, belum lama ini.

Ketua KNPI kabupaten Wajo periode 2010 – 2016 ini menjelaskan, sebelum pengenaan sanksi diberlakukan, pemerintah kecamatan melakukan pembinaan dan mensosialisasikan aturan tersebut.

Pembinaan yang dimaksud adalah dengan memberi teguran kepada pelanggar secara lisan maupun tertulis yang dilakukan langsung oleh para kepala kelurahan (Lurah).

“Jika tidak ditanggapi, atau subjek yang dimaksud masih mengulang perbuatannya setelah teguran dilayangkan, barulah ditindaklanjuti oleh Satpol PP. Hal ini ditegaskan agar program kebersihan dan penanganan sampah yang dilaksanakan pemerintah berjalan dengan baik, tepat sasaran dan berkesinambungan”, ujar Camat. (Red/MC)