Hadapi Pilkades, BPD Diharuskan Bentuk Panitia Pemilihan

Wajo, MC – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) masing-masing desa yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahun 2015 mendatang diharuskan membentuk Tim/Panitia Penyelenggara Pemilihan.

Panitia itu nantinya yang akan melaksanakan proses pemilihan mulai dari tahap pendaftaran bakal calon (balon), verifikasi berkas, menetapkan calon, pemilihan hingga proses perhitungan dan penetapan pemenang Pilkades.

Demikian penjelasan Syamsul Bahri, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa dan Kelurahan (BPMPDK) Kabupaten Wajo, di Sengkang, Senin, 8/9.

Menurut-nya, BPD dalam Pilkades membentuk panitia pemilihan dan siapapun masyarakat yang ingin maju ataupun mencalonkan diri dalam proses demokrasi itu memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk diusul menjadi calon.

Dengan catatan, bakal calon ini memenuhi syarat yang ditentukan dalam UU no 6 Tahun 2014 tentang pemerintahan desa dan aturan lain yang berkaitan dengan Pilkades.

“Siapapun boleh ikut mencalonkan diri, sepanjang memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Tahapan Pilkades nanti-nya akan dilaksanakan oleh Panitia yang dibentuk oleh masing-masing BPD Desa setempat,” kata Ancu’ sapaan akrab Plt Camat Bola ini.

(Penulis : Nur Asri)