Harga Gabah Naik, Bupati Keluhkan Operasional Petani

Menteri Pertanian - Bupati Wajo Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman bersama Bupati Wajo, Andi Burhanuddin Unru

Wajo, MC – Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman kembali menginjakkan kaki di Bumi Lamaddukkelleng, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Senin, 4/4.

Kunjungan menteri Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla ini untuk mencanangkan program Serap Gabah (Sergap) Harga Stabil yang digelar di Desa Tanralipue Kecamatan Tanasitolo.

Pencanangan ditandai dengan pembelian Gabah Kering Panen (GKP) petani oleh Perum Bulog dengan standar harga Rp3.750*/kg GKP. Harga itu alami kenaikan sebesar Rp300* dari harga sebelumnya (Rp3.450*/kg GKP).

Bupati Wajo, Andi Burhanuddin Unru mengungkap apresiasi atas kenaikan harga pembelian pemerintah (HPP) oleh pemerintah pusat. Menurutnya, kenaikan harga berpengaruh pada peningkatan pendapatan petani di Kabupaten Wajo.

“Kita apresiasi kenaikan harga gabah, meski sedikit namun kebijakan itu berpengaruh pada peningkatan pendapatan petani,” terang Bupati.

Menteri Pertanian - Bupati Wajo 1Ketgam : Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman dalam acara panen

Menjadi kendala saat ini, sambungnya, adalah masih tingginya beban operasional yang dikeluarkan petani dalam penanaman.

Dalam satu musim tanam, petani di Wajo membutuhkan anggaran sekitar Rp3juta/hektare dari rata-rata kepemilikan sawah 2 hektare per kepala keluarga (KK).

“Oleh itu, dibutuhkan perhatian pemerintah pusat untuk menyalurkan bantuan agar petani di Wajo lebih bergairah melakukan penanaman,” ulas Bupati.

Mendengar paparan Bupati Wajo, Amran Sulaiman mengungkap kesiapan untuk menurunkan bantuan bibit dan peralatan pertanian di Kabupaten Wajo.

“Saya teringat kisah “Abunawas” (tokoh dongeng yang cerdik) jika mendengar paparan Bupati Wajo, sampai-sampai saya tidak bisa mengelak jika Bupati meminta bantuan,” ujar Mentan bercanda.

Setelah mengikuti acara dan makan siang bersama pemerintah daerah, Mentan melanjutkan kembali perjalanannya menuju kabupaten Bone, Soppeng dan Bulukumba. Sebelum hadir di Wajo, Amran juga melakukan kunjungan yang sama di Pangkep.

Dari Pangkep, Mentan hanya melintas di Sidrap menuju Kabupaten Wajo. (SIPD)