Hari ini, 323 Kandidat Calon Kades di Wajo Paparkan Visi – Misi

“Dari Pelaksanaan Tahapan Pilkades Serentak 108 Desa di Kabupaten Wajo”

Bupati dan Wakil Bupati Wajo, Andi Burhanuddin Unru – Andi Syahrir Kube Dauda

Wajo, MC – Hari ini (Jumat, 24/4), adalah hari dimana kandidat calon kepala desa yang akan ikut bertarung dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 108 desa 13 kecamatan di Kabupaten Wajo memaparkan visi, misi dan program kerjanya dihadapan masyarakat.

Paparan visi dan misi ini dilaksanakan oleh masing-masing Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) didesa setempat dan dilakukan secara serentak diseluruh wilayah kabupaten Wajo.

Kepala Badan Pembedayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa dan Kelurahan (BPMPDK) Kabupaten Wajo, Syamsul Bahri mengungkap bahwa paparan visi dan misi calon kepala desa ini menjadi bahagian dalam tahapan Pilkades.

Itu, kata dia, digelar didesa masing-masing dan dilaksanakan oleh PPKD setempat. Maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut adalah memberikan informasi kepada masyarakat terkait program kerja dan target yang akan dicapai oleh para calon ketika terpilih menjadi seorang kepala desa.

“Disitu masyarakat bisa menilai kemampuan para calon, melalui paparan visi dan misi ini masyarakat diharap menelaah program apa yang tepat untuk pembangunan dan peningkatakan kesejahteraan masyarakat didesanya,” terang Syamsul kepada MEDIA CELEBES, Jumat, 24/4.

Lebih lanjut alumni sekolah tinggi ilmu pemerintahan negeri ini menjelaskan bahwa dalam kegiatan itu, masing-masing kandidat diberi kesempatan untuk memberikan paparan terkait rencana kerja-nya ketika terpilih sebagai pemimpin didesa. Moment paparan visi – misi ini pula dapat dijadikan sebagai ajang kontrak antara kandidat dengan masyarakat desa.

“Jadi, melalui moment inilah masyarakat secara tidak langsung bisa melakukan kontrak dengan kandidat, sehingga dalam pemilihan nantinya, masyarakat bisa menentukan sikap kepada calon pemimpin yang konsisten terhadap apa yang dijanjikan dan ditawarkannya,” ujar Syamsul. (adv)

Penulis : Nur Asri