Hari ini, Bakal Calon Kepala Desa Jalani Tes Wawancara

“Dari Kegiatan Seleksi dan Uji Kompetensi Bakal Calon Kepala Desa”

Seleksi dan Uji Kompetensi Bakal Calon Kepala Desa di Kabupaten Wajo, tampak Kepala BPMPDK, Syamsul Bahri sedang mengecek kehadiran bakal calon

Wajo, MC – Setelah mengikuti ujian/tes tertulis dalam tahapan seleksi dan uji kompetensi yang dilaksanakan di SMA 2 Sengkang, Selasa, 14/4 kemarin, hari ini, bertempat di Ruang Rapat Asisten Kantor Bupati Wajo, para bakal calon yang lebih dari lima orang dalam satu desa, akan mengikuti tes wawancara.

Panitia Pemilihan Kabupaten (PPK) dalam hal ini sebagai pihak pelaksana seleksi dan uji kompetensi tidak lagi menghadirkan seluruh bakal calon untuk mengikuti tes wawancara dengan pertimbangan ; penilaian atau perangkingan bakal calon yang dibawah dari lima orang akan diambil dari nilai tes tertulis yang diikutinya pada hari pertama kemarin.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa dan Kelurahan (BPMPDK) Kabupaten Wajo, Syamsul Bahri mengungkap untuk tes wawancara ini hanya diikuti oleh bakal calon dari enam desa yang lebih dari lima orang pendaftarnya.

Masing-masing desa yang dimaksud diantaranya ; Desa Worongnge Kecamatan Sabbangparu sebanyak 11 orang, Desa Lapaukke Kecamatan Pammana 8 orang, Desa Leweng Kecamatan Takkalalla 7 orang, Desa Lagoari Kecamatan Takkalalla 6 orang, Desa Palippu Kecamatan Tanasitolo 6 orang dan Desa Marannu Kecamatan Pitumpanua sebanyak 8 orang.

“Jadi bakal calon yang ikut dalam ujian tertulis kemarin tidak semuanya mengikuti tes wawancara pada hari ini, cukup desa yang lebih dari lima orang pendaftarnya saja. Kalau desa yang dibawah lima bakal calonnya, perangkingan diambil dari nilai ujian/tes tertulis yang diikutinya kemarin,” ungkap Ancu.

Ditambahkan, dalam proses perangkingan dan penentuan Calon Kepala Desa diatur secara jelas dalam UU no 6 tahun 2014 tentang Desa bahwa pelaksanaan Pilkades harus diikuti minimal 2 dan maksimal 5 orang Calon Kepala Desa.

Sehingga untuk menentukan jumlah tersebut, pemerintah melalui Peraturan Bupati (Perbup) no 8 tahun 2015 telah menyusun tata cara pelaksanaan seleksi dan uji kompetensi kepada para bakal calon kepala desa.

“Ini menjadi acuan sekaligus merupakan seleksi tambahan bagi PPK dan PPKD masing-masing desa untuk menentukan jumlah Calon Kepala Desa yang akan ikut dalam pemilihan,” pungkas Ancu. (adv)

Penulis : Bs Selvi Damayanti