Hari ini, Masyarakat Wajo Menunggu Putusan MK

Wajo, MC – Hari ini, tepat 30 Oktober, masyarakat Wajo menunggu putusan perkara Pemilukada Wajo di Mahkamah Konstitusi (MK).

Berdasarkan jadwal, pukul 15.30WIB nanti, sidang pleno pengucapan putusan perkara no 143/PHPU.D-XI/2013 tentang sengketa pemilukada Wajo dilaksanakan. Agenda itu-pun menjadi perhatian publik dari berbagai kalangan.

Seperti yang diungkap oleh Amshir A Timbang, seorang Pemerhati politik di Wajo. Dia mengakua saat ini tengah menunggu agenda penting untuk seluruh masyarakat Wajo tersebut.

Menurut-nya, putusan MK menjadi landasan hukum yang bersifat mutlak apakah gugatan dari tiga pasangan calon (paslon) diterima atau-kah putusan MK semakin menguatkan hasil rapat pleno KPUD Wajo tentang Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih berdasarkan hasil pemungutan suara.

“Saat ini, kami menunggu hasil putusan MK, dan apapun keputusan-nya, itulah yang benar,” kata Amshir di Sengkang, 30/10.

Meski demikian, tambah Amshir, berdasarkan hasil beberapa kali persidangan, peluang KPUD Wajo untuk mempertahankan keputusan-nya, cukup besar.

“Kalau kita cermati hasil persidangan, hampir tidak ada gugatan yang memberatkan KPUD Wajo, begitupula dengan pihak terkait yakni pasangan ASYIK, masing-masing telah beri jawaban sesuai dengan fakta yang terjadi,” terang Amshir.

Sementara bagi pemohon, lanjut-nya, ada beberapa gugatan yang dianggap oleh hakim sebagai kesaksian berdasarkan asumsi sepihak dan upaya pembentukan opini saat persidangan.

“Hal itu dapat dianalisa dari tidak klop-nya keterangan beberapa saksi pemohon sehingga seringkali hakim MK beri teguran dan mengarahkan saksi pemohon untuk menceritakan yang sebenar-nya dilihat, didengar dan dirasakan. Bukan kesaksian yang bersifat pendapat pribadi, pengklaiman, mengarang cerita apalagi sampai beri kesaksian salah,” terang Amshir.

Berdasarkan informasi, masing-masing kubu pemohon dan termohon, sejak kemarin telah berada di Jakarta.

Masing-masing dari mereka rencana-nya hadir dalam sidang pleno pengucapan hasil putusan MK tersebut, sore nanti. (aci)