Hari Ini, Pansel Uji Kemampuan Calon Pendamping Desa di Wajo

KemendesGambar Logo Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes)

Wajo, MC – Hari ini (Jumat, 30/10), pemerintah pusat dalam hal ini kementerian desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi (Kemendes) menguji kemampuan peserta calon pendamping lokal desa di kabupaten Wajo.

Sedianya seleksi tersebut dilaksanakan selama dua hari (Jumat – Sabtu, 30-31/10) di salah satu ruangan kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa/Kelurahan (BPMPDK) Kabupaten Wajo, Jl Veteran Sengkang, Wajo, Sulawesi Selatan.

Kepala BPMPDK Kabupaten Wajo, Syamsul Bahri melalui via ponsel-nya menuturkan bahwa pelaksanaan tes wawancara bagi para calon pendamping lokal desa ini merupakan proses penyaringan tahap kedua, dimana sebelumnya mereka dinyatakan memenuhi syarat administrasi pada tahap pelamaran.

Dengan demikian, kata Ancu (sapaan Syamsul Bahri), pemerintah daerah dalam hal ini hanya sebatas memfasilitasi pelaksanaan seleksi bagi para peserta.

“Selebihnya, termasuk masalah kelulusan, itu dikembalikan kepada panitia seleksi dan berdasarkan hasil tes yang diikuti oleh para peserta, kemungkinan nama-nama peserta yang lulus akan diumumkan secara terbuka oleh pansel,” terang Ancu.

Lanjut mantan Camat Bola ini menerangkan, selain pelaksanaan seleksi bagi para peserta calon pendamping lokal desa ini, panitia juga telah melakukan seleksi calon pendamping desa untuk tingkat kecamatan di Makassar. Mereka yang lulus dalam seleksi itu nantinya akan bertugas masing-masing 1 orang untuk 1 kecamatan.

“Sedangkan seleksi yang dilaksanakan ditingkat kabupaten, nantinya ditugaskan sebagai pendamping lokal desa, kuota yang disipkan 1 orang mendampingi 3 atau 4 desa,” ujar Ancu.

Pantauan ditempat acara, tim seleksi menguji kemampuan peserta secara bergilir. Satu persatu peserta diundang masuk dalam ruangan untuk menjalani proses wawancara. Pansel dalam pelaksanaan seleksi tersebut hanya menyiapkan satu orang penguji.

Kasubag Perencanaan dan Pelaporan Kantor BPMPDK Wajo, Nur Rahma mengungkap bahwa peserta yang ikut dalam seleksi tersebut berjumlah 112 orang. Dia menuturkan, sebelum menjalani tes wawancara, peserta diminta untuk memperlihatkan berkas asli miliknya kepada tim penguji.

Itu, kata mantan Lurah Cina ini menjadi bahagian dari proses verifikasi dan pen-cocokan data atau berkas lamaran peserta.

“Untuk hari ini, tim seleksi akan menguji 70 orang peserta, selebihnya sebanyak 42 orang akan dilanjutkan esok hari. Jumlah kuota pendamping lokal desa yang akan diterima untuk kabupaten Wajo sebanyak 41 orang,” terang Rahma.

Penulis : Nur Asri