Hitam Putih Berdasi Jajaki Kantor BPMPDK Wajo, Ada Apa Disana ?

Peserta Diklat PIM IV Wajo Peserta Diklat PIM IV Pemda Wajo saat melakukan kunjungan di Kantor BPMPDK Wajo

Wajo, MC – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak yang sebelumnya dilaksanakan pada 108 Desa 13 Kecamatan di Kabupaten Wajo coba untuk diangkat menjadi bahan diskusi oleh para peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Lingkup Pemerintah Kabupaten Wajo.

Diskusi itu dilaksanakan setelah peserta yang tidak lain merupakan pejabat struktural eselon IV ini melakukan kunjungan ke Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa/Kelurahan (BPMPDK) Kabupaten Wajo untuk menggali informasi serta gambaran terkait pelaksanaan pesta demokrasi tingkat desa tersebut.

Peserta Diklat, Andi Parawangsa mengungkap, BPMPDK Kabupaten Wajo dipilih menjadi lokus kegiatan karena dinilai berhasil mengawal pelaksanaan Pilkades Serentak tersebut di Kabupaten Wajo.

Terlebih, Kabupaten Wajo adalah kabupaten pertama di Indonesia yang berhasil melaksanakan Pilkades Serentak pasca penerapan Undang-Undang No 6 Tahun 2014 tentang Desa dan beberapa peraturan terkait pemilihan kepala desa.

“Inovasi itu kemudian yang mengilhami sehingga kami memilih BPMPDK Kabupaten Wajo menjadi lokus kegiatan visitasi diagnostic reading,” ujar Parawangsa kepada MEDIACELEBES, Kamis 21/4.

Dijelaskan, dalam diskusi, peserta Diklat akan menjajaki aturan dan mekanisme yang diberlakukan pemerintah daerah dalam pemilihan kepala desa serentak.

“Sehingga nantinya tidak menutup kemungkinan setelah diskusi, rangkuman yang dilakukan oleh para peserta menjadi masukan bagi lembaga terkait untuk melakukan perubahan dan atau diterapkan dalam pelaksanaan Pilkades Serentak di Kabupaten Wajo kedepannya,” ulas Parawangsa.

Kunjungan peserta Diklat ini disambut oleh Sekretaris BPMPDK Wajo, Muh Hatta bersama Kepala Bidang Pemerintah Desa, Bambang Siswanto di Aula Pertemuan Kantor BPMPDK Wajo. (SIPD/K)