HMTP UPRI Makassar Study Comparative di PT Kaltim Prima Coal (KPC)

Koordinator Dosen UPRI Makassar, Ritnawati menyerahkan cendera mata kepada pihak PT Kaltim Prima Coal (KPC)

Makassar, MC – Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan (HMTP) Universitas Pejuang Republik Indonesia (UPRI) Makassar menggelar Study Comparative pada perusahaan PT Kaltim Prima Coal (KPC). Kegiatan itu dilaksanakan pada tanggal 28 Februari 2017 lalu.

Kegiatan ini bekerjasama dengan perusahaan PT. Kaltim Prima Coal dengan jumlah mahasiswa sebanyak 29 orang dan 3 orang Dosen Pendamping diantaranya Ritnawati, ST, MT; Kasmira, ST, MT; dan Marlia ST, MT.

Kordinator dosen pendamping, Ritnawati ST, MT menyatakan sebagai mahasiswa jurusan Teknik Pertambangan pada Fakultas Teknik Universitas Pejuang RI Makassar tentunya telah mendapatkan sebagian besar ilmu pertambangan secara teoritis.

Foto Bersama : Himpunan Mahasiswa Tekhnik Pertambangan (HMTP) UPRI Makassar

Ia berharap melalui study comparative mahasiswa mampu membandingkan teori dengan pengaplikasian di lapangan khususnya pada dunia kerja yang sebenarnya.

“Kunjungan singkat ke PIT Bendili untuk melihat langsung proses pertambangan mulai dari proses pembongkaran pemuatan dan pengangkutan serta untuk mengetahui geoteknik, proses penyaluran, produksi alat serta untuk mengetahui ultimate PIT limit dari PIT bendili” ujar Ritnawati yang juga merupakan Alumni UPRI pada Fakultas Teknik Prodi Pertambangan

Lanjut diungkap bahwa PT KPC memilki salah satu program reklamasi yang disebut dengan kata PESAT (Peternak Sapi Terpadu) dimana lahan yang telah di tambang di sterilkan dan dijadikan sebagai lahan untuk beternak sapi.

“Program tersebut menghasilkan produksi susu sebanyak 1.900 liter perbulan. Sapi potong 105 ekor perbulan, sapi perah 37 perbulan dan sapi bali 47 perbulan”, ulas Ritnawati.

Sumber Data : Suhendrik (Staf Kemahasiswaan UPRI Makassar)