Ini Alasan Bupati Wajo Rombak Pengurus BUMD

DSC_14088 Bupati Wajo Andi Burhanuddin Unru saat mengukuhkan Pengurus BUMD PT Wajo Energi Jaya

Wajo, MC – Bupati Wajo Andi Burhanuddin Unru berharap kepada pengurus baru BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) PT Energi Jaya untuk bekerja maksimal dan tidak hanya memikirkan isi kantong semata.

Menurutnya, BUMD selaku perusahaan daerah harus aktif melaksanakan kegiatan, berkontribusi terhadap pembangunan daerah dan keberadaannya benar dirasakan oleh masyarakat.

“Jangan seperti saat ini, BUMD hanya terkesan nama, namun tidak diketahui apa kegiatannya, itu alasan mendasar sehingga pergantian pengurus dilakukan,” ujar Bupati usai mengukuhkan Direksi dan Komisaris BUMD PT Wajo Energi Jaya di Aula Pertemuan Kantor Bappeda Wajo, Sabtu 16/4.

Lanjut Bupati memaparkan bahwa selama BUMD didirikan belum pernah ada kontribusi terhadap daerah, bahkan itu dalam bentuk pajak sekalipun. Yang ada hanya masalah karena telah ditunggangi kepentingan oknum tertentu.

“Tidak apa-apa saya berbicara terang (terbuka) disini, biar semua tahu, dan sejak BUMD didirikan baru kali ini saya mengungkapnya,” ujar Bupati sembari meminta hak-nya kepada wartawan.

Tidak hanya itu, Bupati dua periode ini juga mempertegas bahwa dirinya selaku pemerintah daerah tidak terlibat dalam proses perekrutan pengurus. Itu, kata Dia, berjalan sesuai dengan mekanisme yang ada yakni melalui proses fit and propertest.

“Jadi, jangan pernah beranggapan bahwa mereka yang dikukuhkan adalah keinginan saya, jangan pernah berpikir seperti itu. Perekrutan pengurus melalui fit and propertest, bukan atas penunjukan saya atau pemerintah daerah,” papar Bupati meyakinkan. (Red/MC)