Ini Data Fix Jumlah Incumbent Yang Tumbang Dalam Pilkades

Wajo, MC – Rekapitulasi sementara perolehan suara Pemilihan kepala desa (Pilkades) yang dilaksanakan secara serentak di 108 desa 13 kecamatan di Kabupaten Wajo telah dirampungkan oleh Panitia Pemilihan Kabupaten (PPK).

Informasi tentang peroleh suara berdasarkan hasil pemilihan yang dilaksanakan oleh Panitia TPS (tempat pemungutan suara) telah diterima melalui via ponsel dari masing-masing PPKD (panitia pemilihan kepala desa).

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa dan Kelurahan (BPMPDK) Kabupaten Wajo, Syamsul Bahri menjelaskan secara keseluruhan nama-nama pemenang Pilkades berikut perolehan suara dari masing-masing calon telah diterima.

Begitupula dengan jumlah data incumbent yang tumbang pada Pilkades ini telah dirampungkan. Dia mengungkap jumlah incumbent yang kalah bersaing dalam Pilkades ini berjumlah 22 dari 80 orang incumbent yang ikut dalam Pilkades ini.

Bahkan, berdasarkan hasil rekap terakhir, kecamatan yang paling banyak incumben-nya tumbang adalah kecamatan Majauleng sebanyak 4 orang.

Pitumpanua yang sebelumnya dikabarkan paling banyak incumbentnya kalah ternyata hanya berjumlah 3 orang incumbent.

“Begitu hasil rekapitulasi sementara yang kami terima dari para tingkat PPKD dan P-TPS,” ujar Syamsul Bahri, Jumat, 1/5 siang tadi.

Tidak itu saja, mantan Camat Bola ini juga menjelaskan bahwa selain berstatus incumbent, dalam Pilkades ini juga terdapat sejumlah mantan kepala desa (pernah menjabat sebagai kepala desa) yang ikut bertarung dalam pemilihan.

“Diantara mereka 7 orang mantan kepala desa ini berhasil terpilih kembali untuk menduduki kursi kepala desa dengan diterbitkannya aturan tentang peluang kepala desa untuk menjabat selama tiga periode,” terang Ancu.

Berikut Nama Kecamatan dan Desa yang Incumben-nya Tumbang dalam Pilkades ini ;

Kecamatan Penrang – Desa Makmur
Kecamatan Maniangpajo – Desa Kalola
Kecamatan Keera – Desa Labawang
Kecamatan Tanasitolo – Desa Pakkanna
Kecamatan Gilireng – Desa Arajang, Maminasae, Lamata
Kecamatan Sabbangparu – Desa Benteng Lompoe
Kecamatan Pammana – Desa Lapaukke
Kecamatan Takkalalla – Desa Leweng
Kecamatan Sajoanging – Desa Salobulo, Towalida, Barangmamase
Kecamatan Majauleng – Desa Tengnga, Tajo, Lamiku, Tellulimpoe
Kecamatan Pitumpanua – Desa Tellesang, Lompoloang, Simpellu
Kecamatan Belawa – Desa Sappa, Wele’e

(Sumber : BPMPDK Kabupaten Wajo)

Penulis : Nur Asri