Ini Jadwal Pelantikan 108 Kepala Desa Terpilih di Wajo

“Bupati Wajo Instruksikan Pelantikan Serentak”

Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru bersama Wakil Bupati Wajo, A Syahrir Kube Dauda

Wajo, MC – Bupati Wajo, A Burhanddin Unru mengungkap kesiapan untuk segera melantik calon kepala desa terpilih dalam pemilihan kepala desa (pilkades) yang dilaksanakan secara serentak, Kamis 30 April lalu.

Orang nomor satu di Wajo ini menginstruksikan agar pelantikan 108 calon kepala desa terpilih ini dilakukan secara serentak pada minggu ketiga atau minggu keempat bulan Mei ini.

“Saya akan melantik calon kepala desa terpilih ini secepatnya, karena pemilihannya dilakukan serentak maka pelantikannya juga harus serentak,” ungkap Bupati kepada MEDIA CELEBES disela acara pencanangan program TMMD (TNI Manunggal Masuk Desa) di Desa Padaelo kecamatan Penrang, Kamis, 7/5.

Ditambahkan, bahwa masing-masing kepala desa terpilih mulai saat ini agar mempersiapkan pakaian dinas upacara (PDU) lengkap dengan atribut seperti yang ditentukan. Dia berharap agar pakaian yang dikenakan oleh para kepala desa, seragam dan tidak bervariasi.

“Pakaiannya harus seragam, jangan ada beda-beda. Sepatu-nya harus berwarna putih tapi jangan sepatu hitam yang dicat putih,” ulas Bupati menyontohkan.

Lanjut, Bupati dua periode di Wajo ini mengungkap imbauan kepada para kepala desa terpilih untuk tidak terpengaruh dengan isu-isu yang berkembang tentang aduan atau gugatan yang dilakukan oleh pesaingnya dalam pemilihan.

“Semua itu ada jalurnya, jadi jika ada yang mengadu atau melakukan gugatan silakan saja, sepanjang tidak mengganggu keamanan masyarakat, dan sebaiknya mulai saat iniĀ  kepala desa terpilih tetap tenang dan mempersiapkan pakaiannya untuk pelantikan,” tegas Bupati.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Wajo, H Firdaus Perkesi mengungkap bahwa pelantikan kepala desa terpilih seperti yang diinstruksikan Bupati akan dilaksanakan secepatnya dan digelar secara serentak. Firdaus menambahkan bahwa dalam pelantikan, para kepala desa bisa membawa kerabat atau pendukung-pendukungnya hadir menyaksikan pelantikan.

“Begitu petunjuk Bupati, pelantikan dilaksanakan secepatnya dan secara serentak. Bupati juga memperbolehkan para kepala desa terpilih untuk menghadirkan kerabat atau pendukung-pendukungnya dalam pelantikan,” ujar Firdaus.

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa dan Kelurahan (BPMPDK) Kabupaten Wajo, Syamsul Bahri mengungkap bahwa pihaknya tengah menyusun jadwal dan mempersiapkan acara pelantikan.

Mantan Camat Bola ini menuturkan bahwa informasi tentang hari dan tanggal masih sementara disusun, sedangkan untuk tempat pelantikan kemungkinan besar dilaksanakan di lapangan Merdeka Sengkang atau di lapangan upacara Kantor Bupati Wajo.

“Jelasnya, Bupati menginstruksikan agar pelantikan itu dilaksanakan secepatnya,” pungkas Syamsul. (aci)