Ini Pernyataan Bupati Wajo Terkait Marina Baru

Bupati Wajo saat beri keterangan kepada wartawan terkait musibah Marina Baru Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru saat memberikan keterangan kepada wartawan di pelabuhan Bangsalae Siwa

Wajo, MC – Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru menyebut musibah yang menimpa 118 orang penumpang KM Marina Baru 2B, Sabtu, (19/12) lalu di perairan Teluk Bone murni karena faktor alam.

Menurutnya, Marina Baru saat berlayar dari arah Kolaka – Sulawesi Tenggara menuju Pelabuhan Bangsalae – Siwa, Kabupaten Wajo tenggelam setelah diterpa ombak keras di jarak 14 Mil.

Dia menyatakan, pihak terkait pelayaran telah melaksanakan tugasnya dengan baik dan sesuai protap pelayaran, namun alam berkehendak lain saat Marina Baru melakukan pelayaran.

“Kejadian itu murni karena musibah alam, bukan faktor kesalahan manusia (human error) dan atau kesalahan protap pelayaran, kami telah melakukan investigasi dan semua menjalankan otoritas-nya dengan baik,” ujar Burhanuddin saat berkunjung di Posko evakuasi, Pelabuhan Bangsalae Siwa, Kabupaten Wajo, Sabtu, 26/12.

Seperti halnya BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika), sebelum Marina Baru berlayar telah memberi informasi dan gambaran terkait kondisi cuaca diperairan Teluk Bone.

“Hanya saja prediksi yang dilakukan oleh BMKG berubah saat pelayaran, ombak keras tiba-tiba menerjang dan mengakibatkan kapal cepat ini kemasukan air hingga kemudian tenggelam dilaut, itu karena kehendak alam dan bukan kesalahan siapa-siapa,” terang Bupati.

Tidak itu saja, Bupati juga meluruskan informasi yang beredar bahwa penyebab kapal cepat ini alami kecelakaan karena kelebihan muatan. Dia mengungkap hasil investigasinya dan menerangkan bahwa jumlah penumpang saat kejadian terhitung standar.

“KM Marina Baru saat kejadian hanya memuat 118 orang penumpang bersama awak kapal, sedangkan kemampuan kapal cepat ini bisa mencapai 250 lebih orang penumpang dalam kondisi normal. Jadi persepsi yang muncul dan mengatakan bahwa kapal ini kelebihan muatan saat berlayar tidak benar,” jelas Bupati. (aci)