Ini Profil Camat Pitumpanua, Dia Disebut Camat Termuda di Indonesia

DSC_0065 Camat Pitumpanua – Kabupaten Wajo, Andi Mamu, S.STP

Wajo, MC – Pelantikan pejabat pimpinan tinggi pratama yang dilakukan oleh Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru di Aula Pertemuan Kantor BKDD Wajo, Jl Kejaksaan Sengkang, Senin (4/1) lalu menyertakan salah seorang Camat (Kepala Pemerintahan Tingkat Kecamatan, red).

Sebut saja nama pejabat yang dilantik sebagai Camat Pitumpanua ini adalah Andi Mamu, S.STP, seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan Pangkat dan Golongan Ruang, Penata Tk. 1 / III d.

Mamu (sapaan akrab) memulai karir birokrasi-nya sebagai PNS usai menjalani Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan di Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN), Dia berhasil menamatkan sekolahnya pada tahun 2006 silam.

Pertama bertugas, putra ketiga pasangan Andi Syafri Muri BA (almarhum) dan Andi Tenri Dio ini ditempatkan di Kantor Dinas Pasar Kabupaten Wajo sebagai staf biasa. Berselang beberapa tahun kemudian, Mamu kemudian dipercayakan oleh pemerintah untuk menjadi Koordinator Pasar di Pusat Perbelanjaan Pasar Sentral Sengkang.

Dengan profesionalisme, loyalitas dan dedikasi yang dibangun dalam menjalankan tugas, pokok dan fungsi yang diembang-nya, Mamu dilirik dan diangkat menjadi Sekretaris Kelurahan (Seklur) pada kantor Kelurahan Maddukkelleng, Kecamatan Tempe.

Sekira hampir dua tahun menjabat sebagai Seklur, alumni SDN No 5 Maddukkelleng, SLTP Negeri 1 Sengkang dan SMU Negeri 1 Sengkang ini lalu dilantik menjabat sebagai Lurah di Kantor Kelurahan Maddukkelleng pada tahun 2012 oleh Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru.

Karena intensitas kerja yang diamanahkan kepadanya selaku asisten pribadi (ajudan), dan untuk lebih fokus membantu kelancaran tugas pemerintahan yang dilaksanakan oleh Bupati Wajo, Mamu meninggalkan jabatan Lurah dan beralih menjadi Kasubag Protokol dan Perjalanan pada Bagian Humas dan Protokol Setda Wajo pada tahun 2014.

Ditempat itu-lah, Mamu banyak menimba pengalaman dan ilmu tentang tata kelola pemerintahan secara langsung dari Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru, termasuk diantaranya adalah menyusun program kerja dan metode pengambilan kebijakan/keputusan sebagai seorang pejabat.

Dari pengalaman yang diperoleh tersebut, tahun 2014 kemudian Andi Mamu kemudian diangkat dan dilantik menjadi Kepala Bidang Ketahanan Masyarakat Desa/Kelurahan pada Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa/Kelurahan (BPMPDK) Kabupaten Wajo.

Ditempat itu, Mamu lebih intens melakukan tugas pelayanan masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan program-program pemberdayaan masyarakat ditingkat desa dan kelurahan.

Setelah hampir dua tahun lebih menjabat sebagai kepala bidang di BPMPDK Wajo, dan berdasarkan hasil rapat kerja Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Pemda Wajo, akhirnya Andi Mamu dipercayakan untuk menduduki kursi jabatan sebagai Camat Pitumpanua.

Dengan dinobatkannya sebagai camat dan atas kepercayaan yang diberikan oleh pemerintah daerah kepadanya, Mamu dengan usia yang relatif muda (31 tahun) dapat dikategorikan sebagai salah seorang Camat termuda di Indonesia.

Penulis : Nur Asri

(Tidak diperkenankan menyalin sebahagian dan atau keseluruhan konten ini tanpa se-izin redaksi, terima kasih)