Ini Tanggapan Akademisi Terkait Sikap Politik dr Baso Rahmanuddin

Gus Abm A Bau Mallarangeng, salah seorang akademisi di Kabupaten Wajo

Wajo, MC – Pernyataan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo, dr Baso Rahmanuddin untuk tidak memikirkan politik dan akan fokus bekerja melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang diembang sebagai seorang PNS (pegawai negeri sipil) ditanggapi oleh beberapa kalangan.

Salah satunya adalah A Bau Mallarangeng yang juga seorang akademisi di Kabupaten Wajo.

Mantan Ketua Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilu) Kabupaten Wajo ini menilai bahwa pernyataan dr Baso untuk mempertimbangkan secara matang konskuensi yang diterima terhadap karir PNS-nya ketika maju dan mencalonkan diri dalam Pemilukada 2018 mendatang adalah pernyataan normatif.

Menurutnya, karir PNS dengan masa dinas lebih kurang 14 tahun pada saat Pemilukada 2018 nanti tidak sepenuhnya menjadi pertimbangan bagi dr Baso sehingga mengurungkan niat maju dalam Pemilukada.

Terlebih, sambung Mallarangeng, dr Baso dengan pangkat dan golongan yang disandangnya saat ini belum bisa mencapai posisi tertinggi dalam birokrasi yakni jabatan Sekretaris Daerah (Sekda), baik sebelum ataupun setelah Pilkada nanti.

“Jadi, kalau saya, pertimbangan masa dinas itu bukan sepenuhnya menjadi acuan dr Baso sehingga keluarkan statemen seperti itu, pasti beliau punya pertimbangan lain,” ujar Mallarangeng, Rabu, 22/7.

Begitupula dengan Wakil Bupati Wajo, A Syahrir Kube Dauda (ASK), lanjut Mallarangeng, dengan masa dinas 4 tahun sebagai PNS pada Pemilukada 2018 mendatang pasti tidak menjadi pertimbangan berat baginya untuk maju dan mencalonkan diri kembali dalam Pemilukada.

“Saya yakin, kedepan ASK akan maju, meski saat ini dirinya menyatakan sikap belum mau memikirkan politik dan akan fokus bekerja,” pungkas Mallarangeng.

Seperti diketahui, pernyataan dr Baso Rahmanuddin untuk belum menentukan sikap dan masih akan mempertimbangkan karir yang disandangnya sebagai seorang PNS dengan konskuensi aturan ketika dirinya maju dalam Pemilukada seperti yang menjadi wacana ditengah publik dilansir sendiri oleh-nya.

Ketua Karang Taruna ini bahkan beberapa kali mempertegas kalimat itu dan mengaku enggan memikirkan politik sebagai bentuk konsistensinya melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang dipercayakan Bupati Wajo (A Burhanuddin Unru) sebagai seorang kepala dinas.

“Saya percaya Allah SWT pasti akan menunjukkan jalan dan memberikan yang terbaik kepada saya dan keluarga. Saya sangat mensyukuri keadaan saya sekarang ini, jadi untuk politik saya no comment,” tegas dr Baso.

Penulis : Nur Asri, SH