Inilah Bocoran Soal Seleksi dan Uji Kompetensi Bakal Calon Kepala Desa di Wajo

“Dari Sosialisasi Tentang Pelaksanaan Tahapan Pilkades di Wajo”
Ilustrasi Pilkades (Int)

Wajo, MC – Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa dan Kelurahan (BPMPDK) Kabupaten Wajo membeberkan soal ujian tertulis dan wawancara pada seleksi dan uji kompetensi bakal calon kepala desa yang akan dilaksanakan pada 14-16 April mendatang.

Mantan Camat Bola ini mengungkap, untuk tes tertulis, itu terdiri dari pengetahuan umum dan pengetahuan khusus. Pengetahuan umum meliputi pertanyaan tentang UUD 45 dan Pancasila, sedangkan untuk pengetahuan khusus meliputi materi tentang kepemimpinan, penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan desa.

“Itu untuk tes tertulis, jumlah soal sebanyak 100 nomor dalam bentuk pilihan ganda dan essai,” terang Ancu (sapaan Syamsul Bahri) kepada MEDIA CELEBES, Senin, 6/3 kemarin.

Tidak itu saja, mantan Sekcam Belawa ini juga membeberkan soal dan mekanisme penilaian untuk tes wawancara. Menurutnya, penilaian untuk wawancara diambil dari 5 (lima) kriteria diantaranya ; penguasaan komunikasi, pengetahuan tentang potensi desa, kepemimpinan dan pengalaman dalam pemerintahan serta penjabaran visi – misi dan tupoksi kepala desa.

“Masing-masing kriteria pada tes wawancara ini bernilai 20 poin, berarti secara keseluruhan berjumlah 100 poin. Nilai wawancara ini kemudian digabungkan dengan hasil ujian tertulis, maka itulah nilai dari bakal calon yang dijadikan acuan pe-rangkingan,” jelas Ancu. (adv)

Penulis : Nur Asri