Inilah Hasil Pembicaraan Kapolda Sulselbar dengan Bupati Wajo

“Dari Kunjungan Kerja Kapolda Sulselbar Irjenpol, Anton Setiadji di Kabupaten Wajo”

Kapolda Sulselbar, Irjenpol, Anton Setiadji
Wajo, MC – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Selatan – Sulawesi Barat (Sulselbar), Inspektur Jendral (Irjen) Polisi, Anton Setiadji tampak betah berbincang-bincang dengan Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru saat hadir penuhi undangan pemerintah kabupaten Wajo di Rumah Jabatan Bupati, Jl Veteran 26 Sengkang, Senin, 23/3.

Bahkan, usai makan malam bersama, Kapolda yang didampingi oleh istrinya, Kapolres Wajo, AKBP Masrur bersama istri dan beberapa pejabat Polda Sulselbar lainnya terlihat akrab sembari menikmati suguhan yang disiapkan oleh Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru bersama jajarannya.

Disela obrolan, lulusan terbaik Adhi Makayasa Akabri tahun 1983 ini mengungkap rencana akan ke Desa Botto Kecamatan Takkalalla, namun batal karena keburu malam dan hadir penuhi undangan Bupati Wajo di Rujab.

“Ini sebenarnya rencana mau ke Takkalalla, tapi udah keburu malam,” ujar Kapolda kepada Bupati membuka obrolan.

Bupati yang sejak kemarin telah mempersiapkan penjemputan Kapolda bersama rombongan ini spontan menjawab dan menyarankan Kapolda untuk menangguhkan niat ke Takkalalla, Bupati beri alasan jarak tempuh dan kondisi cuaca yang tidak memungkinkan.

“Kalau saya, nggak usah dulu Komandan, jaraknya tempuhnya jauh sekitar 50 kilo-an (kilometer, red), biasanya sejam atau dua jam lebih kalau naik mobil, lagian saat ini musim hujan,” jelas Bupati kepada Kapolda.

“Ooo gitu ya, nantilah kita lihat, kalau sempat besok saja saya kesana, tapi, ini juga masih ada kunjungan di kabupaten lain setelah Wajo,” ulas Kapolda kembali.

Obrolan itu kemudian berlanjut dengan beberapa pembahasan seputar kendala yang dihadapi pemerintah daerah di Wajo, termasuk salah satunya adalah potensi terjadinya banjir saat musim penghujan.

“Kalau musim seperti ini Komandan, Wajo rawan banjir, beberapa kecamatan biasanya sampai tergenang air kalau hujannya tidak berhenti, itu karena kabupaten Wajo adalah daerah yang menampung air kiriman dari beberapa kabupaten tetangga kabupaten Wajo,” ungkap Bupati.

Kapolda yang kesempatan itu mengenakan baju batik warna kuning bermotif terlihat fokus mendengar keterangan kondisi daerah yang dipaparkan oleh Bupati Wajo. Bahkan, kala itu Kapolda menyarankan Bupati bersama jajarannya untuk tetap siaga terhadap kemungkinan bencana yang bisa terjadi.

“Wah, Wajo rawan banjir kalau musim hujan seperti ini ya, jadi kalau gitu harus waspada, paling tidak pemerintah harus selalu siaga,” saran Kapolda kepada Bupati.

Obrolan dari para pejabat ini cukup alot, dari hitungan yang dilakukan mediacelebes.com di tempat acara, obrolan mereka berlangsung hingga dua jam lebih. Kapolda tiba di Rujab Bupati sekitar pukul 19.30 Wita dan kemudian meninggalkan Rujab menuju hotel tempatnya menginap sekitar pukul 22.15 Wita.

Kedatangan mantan Kadiv Hukum Polri ini disambut meriah oleh pemerintah kabupaten Wajo dengan perjamuan adat. Tampak hadir para kepala Dinas, Camat dan beberapa pejabat lainnya lingkup pemerintah Kabupaten Wajo.

Hadir pula dalam penjemputan para Kapolsek dan pejabat Polres Wajo, pengurus Karang Taruna dan beberapa undangan lainnya. (adv)

Media Celebes Online Team