Inilah Jadwal Pilkades di Wajo

Wajo, MC – Tahapan pemilihan kepala desa (Pilkades) untuk 108 desa di Kabupaten Wajo akan dimulai.

Lembaga terkait dalam hal ini Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa dan Kelurahan (BPMPDK) Kabupaten Wajo akan memulai tahapan Pilkades ini pada 16 Maret 2015.

Pelaksanaan tahapan Pilkades ini akan diawali dengan sosialisasi pada tingkat kecamatan.

Kepala BPMPDK Wajo Syamsul Bahri mengungkap tahapan pemilihan kepala desa ini dimulai setelah Peraturan Bupati (Perbup) tentang pelaksanaan pemilihan kepala desa diterbitkan.

Dia menjelaskan bahwa dengan diterbitkannya Perbup, maka seluruh aturan menyangkut pelaksanaan Pilkades ini sudah lengkap.

“Aturannya sudah lengkap, anggaran Pilkades juga telah disiapkan oleh pemerintah daerah, yang ditunggu kini hanya pelaksanaan tahapan Pilkades“, ungkap Syamsul kepada mediacelebes.com, Sabtu, 7 maret 2015.

Lanjut dijelaskan bahwa setelah tahapan dimulai, lembaga terkait, baik pada tingkat kabupaten, kecamatan dan desa masing-masing melaksanakan tugas dan fungsinya sebagaimana yang diatur dalam Undang-undang (UU), Peraturan Pemerintah (PP), Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Bupati (Perbup).

“Untuk itu dalam pelaksanaan sosialisasi diharap seluruh elemen terkait hadir dan intens mengikuti acara sosialisasi. Hal itu kami anggap urgen, karena dalam sosialisasi dipaparkan secara rinci tentang tatacara pelaksanaan pemilihan hingga proses pelantikan“, harap Syamsul.

Mantan Sekcam Belawa ini menambahkan, sesuai jadwal tahapan yang dibuat dan disetujui oleh Bupati Wajo (A Burhanuddin Unru), hari H Pilkades dilaksanakan pada bulan April 2015 mendatang.

“Jadi, bagi para bakal calon yang ingin maju sebaiknya mempersiapkan diri dari sekarang untuk mengikuti tahapan awal“, saran Ancu sapaan Syamsul.(adv)

Penulis : Nur Asri, SH