Jago Merah Lalap 5 Rumah di Cenranae, Kerugian Ditaksir Milyaran Rupiah

Wajo, MC – Lima unit rumah panggung berikut perabotan dan barang-barang berharga milik warga di Cenranae Kecamatan Sajoanging dilalap si jago merah. Akibatnya, kelima rumah ini rata dengan tanah.

Penyebab kebakaran diduga karena adanya hubungan arus pendek listrik dari rumah salah seorang warga yang bernama Muh Ali (90). Peristiwa itu diperkirakan terjadi sekitar pukul 23.40wita, Kamis, 25/12 tadi malam.

Camat Sajoanging, Asriati Mannaungi yang dihubungi mengungkap bahwa musibah itu berdasarkan info dari pihak kepolisian disebabkan oleh hubungan arus pendek listrik. Terlebih saat kajadian, hampir tidak ada aktivitas yang dilakukan oleh warga.

Selain korban materi, peristiwa itu juga membuat dua warga terpaksa harus dilarikan ke rumah sakit karena terkena percikan api.

“Kedua warga ini tinggal se-rumah, dan menurut keterangan yang diperoleh, warga ini kena tetesan plastik terbakar dari platfon rumah mereka,” ungkap Asriati.

Lebih lanjut dijelaskan, selain rumah, perabot dan barang berharga yang hangus rata dengan tanah, kejadian itu juga mengakibatkan warga kehilangan peralatan nelayan diantaranya ; dua unit perahu, tali bentangan rumput laut dan beberapa peralatan yang sering digunakan oleh warga untuk melaut.

Ditambahkan, saat kejadian, tiga rumah warga yang berada dekat dengan rumah yang terbakar terpaksa harus dirusak. Dinding rumah dirubuhkan untuk menjaga agar api tidak menjalar luas.

Untungnya, kata Asriati, armada pemadam kebakaran saat kejadian cepat tiba dilokasi sehingga amuk api yang mulai membesar bisa diredakan. Armada PMK baru meninggalkan tempat kejadian setelah api dipadamkan secara total.

“Saat ini warga masih berusaha untuk mengorek puing-puing sisa kebakaran. Mereka berharap barang berharga mereka seperti emas dan atau semacamnya bisa terselamatkan. Diperkirakan, kerugian yang dialami warga capai milyaran rupiah,” terang Asriati.

Bupati Wajo A Burhanuddin Unru atas kejadian itu berharap agar warga bersabar. Menurutnya, peristiwa kejadian adalah musibah yang merupakan cobaan dari Sang Pencipta.

Saat ini, kata Bupati, dirinya telah perintahkan agar dinas terkait turun mengiventarisir kerugian dan mengupayakan tindakan evakuasi bagi warga yang menjadi korban kebakaran.

“Kita inventarisasi lebih dulu, untuk bantuan dari pemerintah akan diupayakan agar bisa tersalur secepatnya,” pungkas Bupati.

Penulis : Nur Asri, SH