Kades Jangan Manipulasi Syarat Pencalonan

“Dari Sosialisasi Pilkades di Wajo“

Wajo, MC – Kepala Badan pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemerintahan Desa dan Kelurahan (BPMPDK) Kabupaten Wajo, Syamsul Bahri menyarankan penjabat kepala desa untuk berhati-hati membuat dan tidak memanipulasi surat keterangan berdomisili dan bertempat tinggal kepada bakal calon kepala desa.

Mantan Camat Bola ini mengingatkan bahwa surat keterangan yang dibuat berimplikasi hukum sehingga dalam penerbitannya harus sesuai dengan aturan dan fakta sebenarnya.

“Bila keterangannya tidak benar dan bisa dibuktikan, maka resiko hukumnya dikembalikan kepada penjabat yang bersangkutan,” pungkas Syamsul Bahri, Kamis, 12/3.

Dijelaskan, bakal calon dalam proses pendaftaran harus memenuhi syarat pencalonan, termasuk didalamnya kelengkapan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Surat keterangan berdomisili dan bertempat tinggal di desa yang akan ditempati mencalonkan diri dari penjabat kepala desa.

“Bila berkasnya tidak memenuhi syarat, maka tidak akan diikutkan dalam proses penjaringan,“ terang Ancu sapaan Syamsul Bahri.(adv)

Penulis : Bs Selvi Damayanti