Kadis BPMPD Wajo : Seleksi Cakades, Itu Sah

Wajo, MC – Bakal calon kepala desa yang akan masuk menjadi calon kepala desa ahun 2015 mendatang harus melalui proses seleksi. Pelaksanaan seleksi itu sah-sah saja dilakukan, sepanjang pelaksanaan-nya merujuk pada aturan yang berlaku.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan dan Pedesaan (BPMPD) Kabupaten Wajo, Syamsul Bahri menjelaskan, seleksi bagi para calon kepala desa dilakukan untuk lebih mengefektifkan proses dan hasil pemilihan nanti-nya.

Dalam aturan, diatur jelas persyaratan-persyaratan kepada setiap Warga Negara Indonesia (WNI) yang ingin maju sebagai calon kepala desa.

“Untuk mencapai hasil maksimal, tentu kita berpedoman pada aturan-aturan yang berlaku,” ungkap Syamsul di Ruang kerja-nya, Senin, 9/6.

Lanjut dijelaskan, dalam pelaksanaan seleksi nanti-nya, tim seleksi yang dibentuk cenderung fokus pada pemeriksaan administrasi.

“Kalaupun ada faktor lain yang dianggap penting ketika nanti-nya calon ini maju dan tidak mampu menjalankan tugas-nya, maka akan dirembugkan bersama, apakah bakal calon tersebut bisa lolos atau tidak maju sebagai calon,” terang Syamsul. (Sul)