Kasus Jen Tang Berlarut-larut, Akbar Faizal Pertanyakan Kapolri

Akbar Faizal Legislator DPR-RI, Akbar Faizal

Jakarta, MC – Berlarut-larutnya penanganan kasus pemberian keterangan palsu ke dalam akta otentik dan pemalsuan kuitansi pembelian tanah oleh Pengusaha Soedirjo Aliman alias Jen Tang membuat gerah Anggota Komisi III DPR RI, Akbar Faizal.

Dalam Rapat Kerja Komisi III dengan Kapolri dan jajarannya di gedung DPR (25/1), legislator kelahiran Sengkang ini mempertanyakan kinerja aparat Kepolisian dan Kejaksaan.

Kegundahan Akbar Faizal ini bukan tanpa alasan. Sejak awal proses hukumnya diwarnai beberapa kejanggalan, seperti putusan bebas di pengadilan tingkat pertama, tuntutan ringan oleh Jaksa, hingga eksekusi penahanan yang tidak kunjung dilakukan. Masyarakat pun banyak yang mempertanyakan keseriusan aparat penegak hukum.

“Saya tahu siapa pemainnya tetapi saya belum bisa sebut karena belum ada bukti kuat. Di jaman sekarang bukan lagi era-nya mempermainkan proses hukum dengan menggunakan uang”, tegas mantan anggota Majelis Kehormatan Dewan ini kepada Kapolri.

Kini, Polda Sulselbar kembali membuka penyidikan kasus dugaan pemalsuan kuitansi nomor 007 yang dilaporkan direktur PT Timurama. Akbar meminta Kapolri melakukan pengawasan jajarannya di bawah dan berharap penyidikan kali ini mampu menghadirkan kepastian hukum.

“Saya berharap teman-teman penegak hukum mampu mengembalikan kepercayaan masyarakat. Ini tantangan bagi mereka, saya dalam posisi masih menaruh harapan. Masih ada polisi, jaksa dan hakim yang baik”, tegas Akbar.

Sebagaimana diketahui, sembari perkara pemberian keterangan palsu masih bergulir di Mahkamah Agung, PT Timurama kembali melaporkan Jen Tang ke polisi dengan tuduhan memalsukan kuitansi atas pengembalian ganti rugi tanah Fahruddin Dg Lurang kepada PT Timurama. Penyidik Polda Sulselbar juga telah melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi, tersangka, meneliti dokumen dan surat-surat, serta melakukan penyitaan terhadap barang bukti.

Sumber : Tim Akbar Faizal