Kawal Dana Desa, Bupati Wajo Bentuk Tim Pengendali Terpadu

Banner Head SIPD 1

Sinkronisasi (4)

(Ketgam : Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru saat menerima kendaraan operasional dari Bank Sulsel)

Wajo, MC – Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru membentuk tim untuk melakukan pengawasan dan pembinaan dalam pengelolaan dana desa di kabupaten Wajo. Tim yang dibentuk ini dikoordinir langsung oleh Sekretaris Daerah Wajo, H Firdaus Perkesi.

Dia menilai, tugas dan tanggung jawab yang diembang oleh para kepala desa cukup besar dan penuh konsekwensi, sehingga untuk memaksimalkan pengelolaan anggaran yang dialokasikan oleh pemerintah pusat tersebut maka perlu diadakan pendampingan.

“Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, maka saya perintahkan kepada Sekretaris Daerah (Firdaus Perkesi) untuk melakukan pengawasan dan pembinaan. Saya berharap melalui pendampingan dan pengendalian secara kontinyu dapat menghasilkan manajemen pengelolaan keuangan desa yang lebih baik,” ujar Bupati.

Ditambahkan, untuk pertama kalinya di Indonesia, pemerintah daerah menggagas dan membentuk tim yang dinamakan dengan tim pengendali terpadu. Tim ini terdiri dari beberapa lembaga diantaranya; Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD), Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda), BPMPDK dan Inspektorat Daerah.

FB_IMG_1442377838600(Ketgam : Foto bersama Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru dengan Kepala Bank Sulsel, Sekda Wajo, H Firdaus Perkesi dan Kepala BPKD Wajo, Ir Armayani)

“Bahkan untuk memaksimalkan kinerja tim pengendali terpadu ini, pemerintah menyiapkan kendaraan roda empat untuk dipergunakan oleh tim dalam melakukan monitoring, pendampingan, pengendalian dan pelayanan terhadap pengelolaan keuangan desa,” pungkas Bupati.

Untuk diketahui, kendaraan operasional tim pengendali terpadu tersebut adalah bantuan dari Bank Sulsel. Penyerahannya dilakukan langsung oleh Kepala Bank Sulsel kepada Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru yang ditandai dengan penandatanganan berita acara.

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa/Kelurahan Kabupaten Wajo, Syamsul Bahri mengungkap bahwa pembentukan tim pengendali terpadu sepenuhnya digagas oleh Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru.

Beliau (Bupati Wajo, red) berharap hadirnya tim pengendali terpadu pengelolaan dana desa yang dilakukan oleh para kepala desa bersama perangkat-perangkatnya dapat lebih terarah dan sejalan dengan visi-misi pemerintah kabupaten dan tidak terjadi tumpang tindih program yang bisa berakibat pada pengelolaan administratif dan pelaksanaan program.

“Pembentukan tim pengendali terpadu tersebut adalah bentuk sinergitas antar lembaga dalam melakukan pendampingan, pembinaan dan pengawasan terhadap pengelolaan dana desa di kabupaten Wajo. Semoga dengan hadirny tim pengendali terpadu tersebut, manajemen dan pengelolaan keuangan di desa menjadi lebih baik dan terarah,” terang Syamsul Bahri.

Penulis : Nur Asri

Banner Head SIPD 1